Penulis Utama : Dhannang Septian Nugroho
NIM / NIP : F1120018
×

 

Kawasan Kedungsepur ditetapkan sebagai pusat ekonomi berskala internasional yang berbasis pada perdagangan  barang dan jasa, industri, sumber daya maritim, serta pariwisata. Hal tersebut dapat mendorong semakin terbuka luasnya lapangan kerja di kawasan tersebut, sehingga perlu dilakukan penelitian produktivitas tenaga kerja dan determinan yang mempengaruhinya. Namun kawasan Kedungsepur masih terdapat berbagai disparitas seperti halnya produk domestik regional bruto (PDRB) antar masing-masing dari enam kabupaten/kota di kawasan ini. PDRB merupakan output dimana jika berbanding dengan jumlah tenaga kerja yang merupakan input maka menghasilkan produktivitas tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan variabel tingkat pendidikan, Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), dan tingkat kesehatan terhadap produktivitas tenaga kerja. Fixed Effect Model (FEM) merupakan model terbaik yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini menggunakan data panel. Data dalam penelitian menggunakan cross section yang terdiri dari 6 (enam) kabupaten-kota eks keresidenan Semarang, serta menggunakan data time series sebanyak sepuluh tahun dari tahun 2010 - 2019. Sumber data dalam penelitian ini adalah Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hanya variabel UMK berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja, sedangkan pendidikan dan kesehatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja. Ketiga variabel bebas tersebut secara simultan atau  secara bersama-sama mempengaruhi produktivitas tenaga kerja sebagai variabel dependen. Uji Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0.8698, berarti 86.98 variasi variabel produktivitas tenaga kerja dapat dijelaskan oleh variasi variabel pendidikan, upah minimum regional dan kesehatan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah: Pemerintah perlu meningkatkan kualitas pendidikan formal dan informal serta membuka lapangan kerja baru, memperhatikan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) untuk menentukan upah minimum, pemerataan fasilitas dan infrastruktur kesehatan.

×
Penulis Utama : Dhannang Septian Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1120018
Tahun : 2022
Judul : DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI KAWASAN KENDAL, DEMAK, UNGARAN, SALATIGA, SEMARANG, DAN PURWODADI (KEDUNGSEPUR) PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2010-2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2022
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Produktivitas; Tenaga Kerja; Pendidikan; Upah; Kesehatan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.Si
Penguji : 1. Sarjiyanto, S.E.,MBA
2. Dewi Ismoyowati, S.E.,M.Ec. Dev
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.