Penulis Utama : Maretania Arafa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317036
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi pada Pembelajaran Daring Materi Pencemaran
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4317036
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick terhadap: 1) kemampuan berpikir kritis, 2) motivasi,
3) kemampuan berpikir kritis dan motivasi, 4) mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick terhadap masing-masing aspek kemampuan berpikir kritis, 5) mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick terhadap masing-masing aspek motivasi, dan 6) efektivitas model pembelajaran konstruktvisme tipe Novick terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran daring.
Metode yang digunakan adalah Quasi-Eksperimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA sebanyak 143 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 4 (kelas eksperimen) sebanyak 36 siswa dan X MIPA 5 (kelas kontrol) sebanyak 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes dan motivasi dengan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Manova (signifikansi 0,05) untuk mengetahui pengaruh, selanjutnya dilakukan uji Regresi untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran konstruktivisme tipe novick terhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kritis dan motivasi, serta uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas model konstruktvisme tipe Novick terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran daring.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Manova H1 memiliki nilai sig.= 0,02, uji Manova H2 memiliki nilai sig.= 0,00, uji Manova H3 memiliki nilai sig.= 0,00. Hasil uji Regresi menunjukkan tingkat pengaruh pada masing-masing aspek kemampuan kemampuan berpikir kritis yaitu aspek strategies and tactics (46,5%), advance clarification (14,1%), basic support (13,9%), elementary clarification (13,6%), inference (11,9%). Hasil uji Regresi pada masing-masing aspek motivasi yaitu aspek relevance (26,4%), attention (25,9%), convidence (25,4%), satisfication (22,3%). Hasil uji N-Gain menunjukkan nilai 0,43 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model konstruktivisme tipe Novick terhadap: 1) kemampuan berpikir kritis, 2) motivasi, 3) kemampuan berpikir kritis dan motivasi, 4) ada pengaruh yang tidak sama pada model konstruktivisme tipe Novick terhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kritis, 5) ada pengaruh yang tidak sama pada model konstruktivisme tipe Novick terhadap aspek-aspek motivasi, dan 6) model konstruktvisme tipe Novick cukup efektif (kategori sedang) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran daring.

Kata Kunci: Model pembelajaran Konstruktivisme tipe Novick, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar siswa.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Dwiastuti, M.Si
2. Dr. Umi Fatmawati, S.Pd., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP