Penulis Utama : Harti Mulyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4516022
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation (GI) Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas VIII
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4516022
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pembelajaran IPA sebagian besar masih menekankan pada penghafalan dan penguasaan pengetahuan berupa fakta, konsep dan prinsip saja, keterampilan proses peserta didik kurang dilatihkan sehingga keterampilan proses sains yang dimiliki pesera didik kurang berkembang. Untuk melatihkan KPS peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam perangkat pembelajarannya. Salah satunya yaitu model pembelajaran Group Investigation, karena GI mampu melatihkan metode ilmiah pada setiap prosesnya, sehingga keterampilan proses dapat dilatihkan menggunakan model ini. Penelitian ini dilakukan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran model Group Investigation (GI) dan (2) menguji kelayakan perangkat pembelajaran model Group Investigation (GI).
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis-Design- Development-Implementation-Evaluation). Prosedur yang dilakukan dalam penelitian dibatasi pada tiga tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan) dan Development (pengembangan). Produk penelitian ini divalidasi oleh validator ahli yang merupakan dosen Universitas Sebelas Maret dan praktisi yang merupakan guru IPA SMP. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kuantitatif. Produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini yaitu produk perangkat pembelajaran yang berupa RPP, LKPD dan Instrumen Penilaian menggunakan model Group Investigation pada materi getaran, gelombang dan bunyi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) karakteristik perangkat pembelajaran menggunakan model Group Investigation pada materi getaran, gelombang dan bunyi yaitu: (a) produk yang dikembangkan secara umum memiliki ciri adanya integrasi tahapan pembelajaran Group Investigation dengan keterampilan proses sains, (b) pembelajaran berpusat pada peserta didik dan diatur menjadi kelompok- kelompok, dan (c) melatihkan keterampilan proses sains peserta didik, yaitu pada sintaks merencanakan investigasi, materi getaran gelombang dan bunyi akan kuat melatihkan keterampilan proses sains pada bagian merencanakan percobaan, dan pada sintaks melaksanakan investigasi, materi getaran gelombang dan bunyi akan kuat melatihkan keterampilan proses sains pada bagian observasi, menggunakan alat dan bahan, serta menyimpulkan; (2) pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Group Investigation untuk melatih keterampilan proses sains dasar yang meliputi RPP, LKPD dan instrumen penilaian dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA materi getaran, gelombang dan bunyi kelas VIII dengan hasil rata-rata validasi RPP 90%, LKPD 89,5%, instrumen penilaian kognitif 87,5?n penilaian KPS 83,5?ngan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Group Investigation, Keterampilan Proses Sains, ADDIE, Getaran Gelombang dan Bunyi.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP