Penulis Utama : Tamara Intan Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4516064
Tahun : 2021
Judul : Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model React Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4516064
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini antara lain; 1) menyusun karakteristik perangkat pembelajaran berbasis model REACT, 2) menguji validitas perangkat pembelajaran berbasis model REACT, dan 3) mengidentifikasi pencapaian indikator berpikir kritis melalui penerapan perangkat pembelajaran model REACT pada uji skala terbatas.
Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method, yaitu penyusunan perangkat pembelajaran berbasis model REACT yang dilakukan secara kualitatif, dan pengujian validitas dan uji coba skala terbatas dilakukan secara kuantitatif. Validitas produk perangkat pembelajaran dinilai oleh dosen ahli dan praktisi pendidikan, sedangkan model analisis Rasch dipergunakan untuk mengecek kualitas butir instrumen penilaian.
Data berupa hasil uji validitas dianalisis secara deskriptif kuantitatif, sedangkan data pengujian validitas dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan; 1) perangkat pembelajaran berbasis model REACT dikembangkan berdasarkan sintaks model REACT dan bermuatan indikator-indikator berpikir kritis yang divisualisasikan pada RPP, LKPD, dan soal evaluasi pembelajaran, 2) validasi perangkat pembelajaran dinilai berkualifikasi valid oleh penilaian dosen ahli, praktisi pendidikan, dan uji validasi konstruk pada butir soal tes kognitif evaluasi pembelajaran, 3) hasil uji coba lapangan terbatas menunjukkan adanya persentase pencapaian indikator-indikator berpikir kritis dengan persentase tertinggi pada indikator analisis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran berbasis model REACT berpotensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Uji coba skala luas perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis model REACT.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, model REACT, validitas, kemampuan berpikir kritis, sekolah menengah.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
2. Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP