Penulis Utama : Lyna Latifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T401708004
Tahun : 2021
Judul : Gaya Kepemimpinan Jawa dan Kinerja Usaha Kecil Menengah: Peran Inovasi, Jejaring Sosial dan Sistem Pengendalian Manajemen (Persepsi pemilik Usaha Kecil Menengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-T401708004
Subyek : -
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan Jawa terhadap kinerja UKM. Selain itu, penelitian ini memberikan bukti empiris peran inovasi, sistem pengendalian manajemen serta jejaring sosial dalam memediasi pengaruh gaya kepemimpinan Jawa terhadap kinerja.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan survei. Populasi penelitian ini adalah pemilik UKM di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel yang terkumpul sejumlah 246. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dengan dijiwai budaya Jawa Asta Brata (Jw.) tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja UMKM. Inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja, sedangkan SPM dan jejaring sosial tidak berpengaruh terhadap kinerja UKM. Hasil penelitian turut menunjukkan peran inovasi dan sistem pengendalian manajemen memediasi penuh pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja UKM. Hasil penelitian ini memberikan implikasi kepada pemilik UMKM untuk mengintegrasikan aspek-aspek Asta Brata (Jw.) dalam memimpin usaha karena sifat-sifat tersebut dapat memberikan dorongan dan menstimulasi karyawan untuk berkreasi tanpa dibatasi.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Jawa, Kinerja, Inovasi, Jejaring Sosial, Sistem Pengendalian Manajemen

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Doddy Setiawan, S.E., M.Si., IMRI., Ph.D., Ak
2. Dra. Y. Anni Aryani, M.Prof.Acc, Ph.D., Ak., CA
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana