Penulis Utama : Tissa Asabella Prihandini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0018209
Tahun : 2022
Judul : Hubungan antara Usia dengan Kualitas Hidup Penderita Tonsilitis Kronik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tissa Asabella Prihandini, G0018209, 2022. Hubungan Antara Usia dengan Kualitas Hidup Penderita Tonsilitis Kronik. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Pendahuluan: Salah satu kejadian ISPA yang sering ditemui di masyarakat adalah tonsilitis. Tonsilitis dapat ditemukan di segala usia, namun paling sering dialami oleh usia anak-anak. Prevalensi kasus tonsilitis kronik menurut data epidemiologi penyakit THT di tujuh provinsi tahun 2012 menempati posisi tertinggi kedua (3.8%). Tonsilitis kronik dapat menurunkan kualitas hidup penderita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara usia dengan kualitas hidup penderita tonsilitis kronik.

Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan desain cross-sectional. Besar sampel penelitian sebanyak 30 sampel penderita tonsilitis kronik berusia 5-35 tahun dengan consecutive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner SF-36 dilakukan di Poliklinik THT RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Rumah Sakit UNS, dan RSUD Pandan Arang Boyolali pada bulan Juli sampai September 2022. Metode analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson.

Hasil: Variabel usia dan kualitas hidup penderita tonsilitis kronik memiliki hubungan yang negatif dengan kekuatan hubungan yang lemah (r=-0.278). Semakin bertambahnya usia maka kualitas hidup semakin menurun. Namun secara statistik, kedua variabel tidak memiliki hubungan yang bermakna (p value=0.137).

Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara usia dengan kualitas hidup penderita tonsilitis kronik.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putu Wijaya Kandhi, dr., Sp.THT-KL(K), FICS
2. Dewi Pratiwi, dr., Sp.THT-KL(K), M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran