Penulis Utama : Ayu May Lestari
NIM / NIP : K1318012
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, kepercayaan diri sedang, dan kepercayaan diri rendah dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan Newman.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi hasil tes angket, tes tertulis, catatan peneliti, serta transkrip wawancara. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes angket untuk mengetahui kepercayaan diri siswa, serta tes tertulis, wawancara siswa dan wawancara guru untuk mengetahui kesalahan siswa dan penyebabnya. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode dan sumber data. Analisis data dengan menggunakan analisis nonstatistik yang terdiri atas tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, siswa kepercayaan diri tinggi memiliki kemampuan menjelaskan sistematika penyelesaian soal dengan sangat baik, tegas dan yakin dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Adapun kesalahan yang dilakukan siswa kepercayaan diri tinggi, yaitu kesalahan membaca, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses. Kedua, siswa kepercayaan diri sedang memiliki kemampuan menjelaskan yang cukup baik namun sering sekali ragu dengan argumennya sendiri. Adapun kesalahan yang dilakukan siswa kepercayaan diri sedang, yaitu kesalahan membaca, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses, serta kesalahan memahami pada soal tipe C4 (analisis). Ketiga, siswa kepercayaan diri rendah sering merasa tidak yakin dengan jawabannya sendiri, memiliki pemikiran yang rumit dalam memahami, takut untuk bertanya pada guru, serta sering menegaskan bahwa mereka tidak suka matematika sejak dulu. Adapun kesalahan yang dilakukan siswa kepercayaan diri rendah, yaitu kesalahan membaca, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan pengkodean, serta kesalahan memahami pada soal tipe C4 (analisis). Upaya untuk mengatasi kendala dari guru, yaitu guru merancang kembali strategi mengajar lebih inovatif dan menyenangkan, serta dari siswa, yaitu siswa mengurangi kebiasaan mencari jawaban di internet dan meminta jawaban teman sebelum mencoba sendiri.

×
Penulis Utama : Ayu May Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1318012
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Penelitian dilakukan pada Materi SPLDV di Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kota Serang Tahun Pelajaran 2021/2022)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : analisis kesalahan, kepercayaan diri, Newman, soal cerita
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si
2. Ario Wiraya, S.Si., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si
2. Dr. Laila Fitriyana, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.