Penulis Utama : Catur Adhi Pamungkas
NIM / NIP : D1519019
×

ABSTRAK

CATUR ADHI PAMUNGKAS. D1519019. PENGELOLAAN TATA NASKAH DINAS PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret 2022, 92 halaman.

Manajemen sangat penting untuk dilakukan dalam kegiatan operasional kantor. Kebutuhan terhadap manajemen, bukan hanya karena kebutuhan akan pengembangan organisasi dan respon terhadap lingkungan perubahan organisasi, namun lebih jauh dari itu. Manajamen mempunyai arti ketatalaksanaan, pengelolaan dan pengurusan. Secara umum pengertian manajemen adalah suatu proses sistematis dalam usaha pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dengan melalui kegiatan orang lain.

Tugas akhir ini ditujukan mengenai dalam Pengelolaan Tata Naskah Dinas pada Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukannya dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumen.

Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar terdapat 7 tujuh indikator penyelenggaraan tata naskah dinas yang tercantum pada Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 61 Tahun 2012 Pasal 6 tentang Tata Naskah Dinas yang meliputi diantaranya pengelolaan surat masuk merupakan prosedur atau tata cara yang harus dilakukan untuk proses pencatatan surat masuk, pengelolaan surat keluar merupakan proses penerimaan, pencatatan, penyimpanan, peminjaman, penyusutan sampai dengan kegiatan pemusnahan surat, tingkat keamanan untuk menghindari timbul adanya ancaman kejahatan dalam menyampaikan informasi melalui naskah dinas, kecepatan proses untuk mengetahui dalam menindaklanjuti informasi penyelenggaraan naskah dinas, penggunaan kertas surat untuk mengetahui ketentuan proses pembuatan naskah dinas, pengetikan sarana administrasi dan komunikasi perkantoran untuk mengetahui susunan format pengetikan proses pembuatan naskah dinas serta warna dan kualitas kertas yang terbaik.

Pengamatan yang dapat dideskripsikan oleh penulis terkait mengenai Pengelolaan Tata Naskah Dinas pada Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Maka penulis memberikan saran untuk sebagai bahan penunjang bagi instansi diantaranya mengenai Pengelolaan Tata Naskah Dinas terhadap aplikasi SIMPATIK, perlu adanya peningkatan jaringan internet, peningkatan terkait dengan spesifikasi komputer serta melakukannya pengentrian ulang dalam keterlambatan penginputan penomoran tahun surat.

Kata Kunci: Pengelolaan, Tata Naskah Dinas, SIMPATIK 

×
Penulis Utama : Catur Adhi Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1519019
Tahun : 2022
Judul : Pengelolaan Tata Naskah Dinas pada Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengelolaan, Tata Naskah Dinas, SIMPATIK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos.,M.Si.
Penguji : 1. Ida Setya Dwi Jayanti, S.E, M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.