Penulis Utama : Handy Widiyantopo
NIM / NIP : O0118047
×

Handy Widiyantopo. O0118047. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKAATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2022.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan model project based learning terhadap hasil belajar passing bola voli pada peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022.

            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.

            Hasil analisis data yang terjadi pada pratindakan ke siklus I, dan siklus I ke siklus II dapat ditunjukan sebagai berikut : Pada pratindakan hasil belajar passing bola voli pada aspek psikomotorik dari 32 peserta didik yang tuntas hanya 13 peserta didik (40,25%), sedangkan pada aspek kognitif yang tuntas 16 peserta didik (50%), dan pada aspek afektif yang tuntas yaitu 32 peserta didik (100%), kemudian pada siklus I pada aspek psikomotorik jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 21 peserta didik (60,25%), sedangkan pada aspek kognitif jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 24 peserta didik (75%), selanjutnya pada siklus II aspek psikomotorik jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 26 peserta didik (81,25%), sedangkan pada aspek kognitif jumlah peserta didik yang tuntas 27 peserta didik (84,75%). Hasil belajar passing bola voli sudah mencapai target yang sudah ditentukan sehingga tindakan dapat dihentikan pada siklus II.

             Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran project based learning dapat meningkatn hasil belajar passing bola voli pada peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022.

×
Penulis Utama : Handy Widiyantopo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0118047
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Hasil Belajar, Passing Bola Voli, Model Pembelajaran Project Based Learning.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes
Penguji : 1. Dr. Hany Liskustyawati, M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.