Penulis Utama : Ikke Nila Fatma Sari
NIM / NIP : H0415026
×

Pasar Lelang merupakan sarana bertemunya penjual dan pembeli secara langsung dimana pembentukan harga yang terjadi secara transparan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Desa Bugel Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo merupakan wilayah yang memiliki pasar lelang. Desa Bugel memiliki 2 pasar lelang, masing-masing pasar lelang memiliki kelompok tani masing-masingyaitu: kelompok tani Gisik Wanatara dan Gisik Pranaji. Pasar Lelang dipelopori dan dikelola sendiri oleh anggota kelompok tani yang menjadi pengurus pasar lelang. Pasar Lelang memberikan manfaat dalam hal pemasaran. Petani seringkali menghadapi tekanan hara saat menjual hasil panennya secara personal. Pengalaman memperoleh tekanan harga membuat petani berinisiatif membentuk pasar lelang sebagai sarana untuk memasarkan cabainya.
Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis motivasi petani dalam kegiatan pasar lelang cabai merah di Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo dan menganalisis kebutuhan akan fisiologis, kebutuhan akan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri petani dalam kegiatan pasar lelang cabai merah di Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survai. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan cara purposive di Desa Bugel Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Populasi dalam penelitian ini adalah petani cabai merah yang mengikuti kegiatan pasar lelang di Desa Bugel Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Pengambilan sampel dengan metode Propotional random sampling. Jumlah sampel 60 responden. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi dengan program IBM SPSS Statistics 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 51 petani (98,3%) kategori tinggi, sedangkan 1 petani (1,7%) kategori sangat tinggi. Motivasi petani kebutuhan fisiologis dalam kegiatan pasar lelang kategori tinggi. Motivasi petani kebutuhan keamanan dalam kegiatan pasar lelang kategori tinggi. Motivasi petani kebutuhan sosial dalam kegiatan pasar lelang kategori tinggi. Motivasi petani kebutuhan penghargaan dalam kegiatan pasar lelang kategori sedang. Motivasi petani kebutuhan aktulisasi diri dalam kegiatan pasar lelang kategori sedang

 

×
Penulis Utama : Ikke Nila Fatma Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0415026
Tahun : 2021
Judul : Motivasi Petani Dalam Kegiatan Pasar Lelang Cabai Merah Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0415026
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwiningtyas Padmaningrum S.P.,M.Si.
2. Eksa Rusdiyana SP., M.SC.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.