Penulis Utama : Fulusia Nurmawati
NIM / NIP : S032008006
×

Fulusia Nurmawati. 2022. Pengembangan Sistem Pembelajaran Tematik Berbasis Andorid Integratif Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Tesis Pembimbing: Dr. Sukarno, M.Pd. Kopembimbing: Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd. Progam Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan utama penelitian ini untuk mengembangkan sistem pembelajaran tematik integratif berbasis android untuk siswa sekolah dasar kelas V. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi analisis kebutuhan belajar terhadap sistem pembelajaran untuk siswa sekolah dasar kelas V, mengembangkan sistem pembelajaran tematik integratif berbasis android untuk siswa sekolah dasar kelas V, dan menguji efektivitas sistem pembelajaran tematik integratif berbasis android untuk siswa sekolah dasar kelas V.

Penelitian ini adalah penelitian Research and Development model Borg and Gall yang terdiri dari studi pendahuluan, pengembangan sistem, dan pengujian sistem. Studi pendahuluan dilaksanakan dengan wawancara dengan guru kelas V di dua sekolah dasar, yaitu Sekolah Dasar Muhammadiyah dan Sekolah Dasar Islam Baitunnur, Kabupaten Blora. Tahap pengembangan dilaksanakan dengan mengembangkan sistem pembelajaran sesuai dengan kurikulum dan integrasi tema yang diterapkan. Tahap pengujian meliputi pengujian sistem kepada ahli materi dan ahli mdia serta pengujian efektivitas dengan menggunakan uji paired sample t-test berpasangan.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kebutuhan belajar terhadap sistem pembelajaran tematik integratif berbasis android untuk siswa sekolah dasar kelas V, guru dan siswa memerlukan sistem atau aplikasi yang menunjang proses pembelajaran tematik integratif yang terdiri tema-tema. Soal evaluasi pembelajaran untuk siswa, diterapkan dalam aplikasi Sipete-bA. Peneliti mengembangkan aplikasi Sipete-bA yang memberikan kemudahan penggunaan dalam proses pembelajaran tematik integratif untuk siswa sekolah dasar kelas V. Saran dan masukan guru dan siswa pada implementasi pembelajaran tematik menggunakan aplikasi Sipete-bA membuktikan bahwa 85% responden menyatakan bahwa lebih tertarik menggunakan sistem pembelajaran tematik integratif. Berdasarkan aspek ketercapaian pembelajaran sebesar 3,67 termasuk dalam kategori sangat tercapai, ketercapaian materi sebesar 3,5 termasuk dalam kategori sangat tercapai, dan kemudahan penggunaan sebesar 3 dengan kategori sangat mudah. Berdasarkan uji paired sample t-test berpasangan membuktikan bahwa nilai signifikasi (0.000) < 0>

×
Penulis Utama : Fulusia Nurmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S032008006
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Sistem Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sistem Pembelajaran, Tematik Integratif, Berbasis Android
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/43192 dan https://www.pegegog.net/index.php/pegegog/article/view/2076
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd.
2. Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dr. Sri Marmoah, S.Pd., M.Pd.
3. Dr. Sukarno, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.