Penulis Utama : Aulia Azizah Isma
NIM / NIP : H0418018
×

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif;} </style> <![endif]-->

Kepemimpinan kelompok tani sangat menentukan sikap anggota kelompok terhadap perintah maupun informasi yang diberikan. Kesesuaian keadaan dan kondisi kelompok tani dengan kepemimpinan ketua kelompok tani akan mewujudkan budidaya padi organik. Penelitian ini menggunakan metode dasar kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kelompok Tani Mulyo 1 Desa Gentungan Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Penentuan informan dilakukan secara purposive. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 13 informan. Validitas data diperoleh menggunakan trianggulasi data.

Hasil penelitian dipeoleh kesimpulan bahwa kepemimpinan ketua kelompok tani Mulyo 1 ditandai dengan pendekatan ketua kelompok tani dengan anggotanya, cara ketua kelompok tani memotivasi anggotanya dan juga persepsi anggota terhadap ketua kelompok tani. Aspek pendukung ketua kelompok tani dalam memimpin Kelompok Tani Mulyo 1 dalam budidaya padi organik yaitu keberanian petani mengambil resiko dalam budidaya padi secara organik, selain itu juga sumberdaya alam di Desa Gentungan yang melimpah, serta dukungan dari pemerintahan dan tokoh masyarakat yang baik. Sedangkan aspek penghambat yang terjadi dalam anggota Kelompok Tani Mulyo 1 yaitu inisiatif anggota untuk memulai dan mempelopori pergerakan masih kurang. Upaya yang dilakukan yaitu dengan menyatukan kesadaran kelompok, memberikan pengetahuan, pengalaman lebih banyak lagi agar anggota kelompok tani lebih percaya diri. Selain itu yang menjadi penghambat kelompok tani adalah usia anggota kelompok.

×
Penulis Utama : Aulia Azizah Isma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0418018
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kepemimpinan Kelompok Tani Dalam Mewujudkan Sistem Pertanian Organik (Studi Kasus Kelompok Tani Mulyo 1 Desa Gentungan Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kepemimpinan; Kelompok Tani; dan Pertanian Organik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Winarno, M.Si
2. Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si
Penguji : 1. Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S
Catatan Umum : tidak ada DOI
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.