Penulis Utama : Fatimah Zahra
NIM / NIP : K4218024
×

ABSTRAK

Fatimah Zahra. KESANTUNAN BAHASA PADA SERI BALADA KAMPUNG RIWIL KARYA BAKAR PRODUCTION DAN PEMANFATAANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VIII SMP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1 November 2022.

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam pembelajaran khususnya materi menelaah dan menangkap isi dialog. Siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah karena dianggap sulit dan membosankan. Fakta di lapangan, guru hanya terpaku pada materi yang ada pada buku LKS siswa dan tidak mencari referensi lain. Dengan digunakannya video, diharapkan siswa akan menjadi penasaran dan akan lebih bersemangat dalam mempelajari bahasa Jawa.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa yang terkandung dalam video Balada Kampung Riwil karya Bakar Production, (2) mendeskripsikan wujud ketidaksantunan berbahasa yang terkandung dalam video Balada Kampung Riwil karya Bakar Production, (3) mengidentifikasi pemanfaatan analisis kesantunan dan ketidaksantunan berbahasa pada video Balada Kampung Riwil karya Bakar Production. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data dari penelitian ini adalah tuturan dalam video Balada Kampung Riwil. Teknik pengambilan sempel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simak dan metode catat dan wawancara informan yang meliputi ahli bahasa, guru bahasa Jawa kelas VIII, serta perwakilan siswa kelas VIII. Teknik uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis isi.

Seluruh metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) wujud kesantunan berbahasa pada video Balada Kampung Riwil karya Bakar Production ditemukan data sejumlah 20 meliputi maksim kurmat/hormat sebanyak 8 data, maksim andhap asor sebanyak 4 data, maksim empan-papan sebanyak 4 data dan maksim tepa slira sebanyak 4 data. (2) wujud ketidaksantunan berbahasa pada video Balada Kampung Riwil karya Bakar Production ditemukan data sejumlah 6 maksim kurmat/hormat sebanyak 1 data, maksim andhap asor/rendah hati sebanyak 3 data, maksim empan-papan ditemukan sebanyak 1 data dan maksim tepa slira/tenggang rasa sebanyak 1 data. (3) Pemanfaatan kesantunan berbahasa serta nilai moral pada video Balada Kampung Riwil karya Bakar Production dapat dijadikan sebagai salah satu materi ajar di SMP lebih tepatnya pada KD 3.4 Menelaah dan menangkap isi dialog, dibuktikan dengan adanya kesesuaian meliputi: (a) penggunaan bahasa yang mudah dipahami; (b) penggunaan kosa kata yang sesuai kaidah tingkat tutur bahasa Jawa; (c) bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter; (d) catatan kritis tentang aspek bahasa.

 

×
Penulis Utama : Fatimah Zahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218024
Tahun : 2022
Judul : KESANTUNAN BAHASA PADA SERI BALADA KAMPUNG RIWIL KARYA BAKAR PRODUCTION DAN PEMANFATAANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VIII SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: kesantunan berbahasa, Bakar Production, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini S.S., M.Hum
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.