Penulis Utama : Indah Rahmawati Kristin Simorangkir
NIM / NIP : K1216039
×

Stilistika merupakan ilmu tentang gaya. Penggunaan gaya bahasa dibutuhkan untuk memberikan aspek keindahan atau estetika. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk mendeskripsikan (1) Diksi, gaya bahasa, dan citraan yang terdapat pada novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata, (2) Nilai moral novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata, (3) relevansi hasil penelitian dengan bahan ajar menganalisis kebahasaan novel.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Analisis isi digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat yang mengandung diksi, gaya bahasa, citraan, dan nilai moral. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis dokumen digunakan untuk mendapatkan diksi, gaya bahasa, citraan, dan nilai moral yang terdapat dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata. Teknik wawancara digunakan untuk mengidentifikasi relevansi hasil penelitian dengan bahan ajar menganalisis isi dan kebahasaan novel di kelas XII SMA. Teknik wawancara dilakukan dengan guru bahasa Indonesia, dosen Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS, dan para siswa kelas XII sebagai informan. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan analisis mengalir.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Andrea Hirata: (1) sering menggunakan diksi atau pilihan kata dengan makna konotatif, sementara makna lain digunakan secara merata; (2) gaya bahasa yang paling dominan digunakan adalah simile, sementara itu gaya bahasa yang paling jarang digunakan adalah klimaks dan anafora; (3) citraan yang banyak digunakan adalah citraan penglihatan dan citraan pendengaran; (4) nilai moral yang banyak ditemukan adalah nilai moral mengenai hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Hasil kajian novel karya Andrea Hirata ini dari aspek penggunaan diksi, gaya bahasa, citraan, dan nilai moral menunjukkan relevan dengan bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas, khususnya pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan novel di kelas XII.

Kata kunci: diksi, gaya bahasa, citraan, nilai moral, bahan ajar

 

×
Penulis Utama : Indah Rahmawati Kristin Simorangkir
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216039
Tahun : 2021
Judul : Analisis Stilistika dan Nilai Moral Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata Serta Relevansinya Dengan Bahan Ajar Analisis Kebahasaan Novel di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1216039
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.