Penulis Utama : Ahnaf Paramahansa Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2517005
Tahun : 2021
Judul : Studi Eksperimental Turbin Angin Tipe Savonius Bertingkat Dengan Variasi Sudut pada Pengarah Angin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2517005
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Di Indonesia kecepatan angin rata-rata di bawah 5 m/s, sehingga pembangkit listrik skala besar belum optimal dan pembangkit listrik tenaga angin mikro memiliki kinerja yang lebih baik. Turbin angin Savonius merupakan turbin angin sumbu tegak yang gerakan arah anginnya sejajar dengan semua arah angin, sehingga turbin Savonius cocok untuk kecepatan angin rendah. Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh variasi sudut pengarah angin terhadap daya yang dihasilkan oleh turbin Savonius bertingkat.
Penelitian ini menggunakan turbin Savonius tipe U. Turbin Savonius yang digunakan adalah Savonius bertingkat. Sudut pengarah angin yang digunakan 0º, 15º, 30º dan 45º. Rotor turbin Savonius bertingkat memiliki diameter 404 mm dengan panjang blade Savonius 300 mm, tidak menggunakan transmisi dan menggunakan generator tipe PMG 100 W. Pengambilan data dilakukan pada wind tunnel dengan kecepatan angin 1,8 m/s s.d 5 m/s dengan interval 0,1 m/s.
Konfigurasi turbin yang optimal dari variasi pengarah angin Savonius bertingkat adalah sudut pengarah 30º menghasilkan daya 4,39 Watt, TSR 0,688 dan cut in speed 2 m/s. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semakin besar kecepatan angin, maka daya listrik yang dihasilkan akan semakin meningkat. Penambahan variasi sudut pada pengarah angin turbin juga dapat meningkatkan cut in speed turbin angin Savonius bertingkat.

Kata Kunci: Energi angin, Savonius Bertingkat, Pengarah Angin

 

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
2. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP