Penulis Utama : Erni Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.3300181
Tahun : 2003
Judul : Analisis laporan keuangan pada PT. Budi Acid Jaya Tbk periode 1997-2001
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3300181-2003
Subyek : KEUANGAN, ANALISIS
Jenis Dokumen :
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT Budi Acid Jaya Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kimia yang kegiatan usahanya meliputi pembuatan dan perdagangan asam sitrat, tepung tapioka, dan asam sulfat. Dalam melaksanakan kegiatan operasi diperlukan efesiensi dan efektivitas didalam mengunakan keseluruhan dana dan aktiva perusahaan sehingga diharapkan dapat tercapai tujuan perusahaan yaitu menjaga kalangsungan perusahaan. Dalam mencapai tujuan tersebut maka diperlukan suatu analisis laporan keuanngan untuk mengevaluasi proses keuangan dan hasil yang telah dicapai perusahaan pada masa lalu dan masa sekarang serta menentukan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi serta kinerja perusahaan di masa yang akan datang.

Dalam melakukan analisis terhadap laporan keuangan pada PT Budi Acid Jaya Tbk penulis mengunakan analisis ratio baik secara vertikal maupun horizontal secara komperehensif terhadap data laporan keuangan yaitu neraca, laporan rugi laba, dan laporan arus kas selama lima periode.

Setelah penulis menganalisa laporan keuangan perusahaan maka penulis menyimpulkan bahwa perusahaan dalam keadaan likuid, dilihat dari solvabilitas perusahaan dalam keadaan solvabel, walaupun perusahaan tidak mampu membayar utang – utangnya dengan kas dan membiayai aktiva serta utang jangka panjang dengan modal sendiri namun secara keseluruhan total kekayaan dan modal perusahaan lebih besar dibandingkan dengan keseluruhan utang yang dimiliki perusahaan sehingga apabila dilikuidasi perusahaan mampu membayar utang–utangnya dengan keseluruhan aktiva perusahaan. Dilihat dari tingkat profitabilitas, perusahaan dalam keadaan unrendable ini disebabkan karena perusahaan harus menaggung biaya operasi dan biaya perluasan aktiva tetap yang sangat besar.

Dengan adanya kelemahan tersebut penulis memberikan saran agar perusahaan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dimasa yang akan datang yaitu dengan mengurangi expansi aktiva dengan menjual sebagian aktiva tetap yang kemudian dapat digunakan untuk mengurangi utang perusahaan, menambah modal sendiri dengan mengeluarkan saham – saham baru, meningkatkan penjualan dengan memberikan diskon kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah besar atau dengan menambah jam operasi dan kapasitas mesin sehingga tanpa harus membeli mesin baru.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis