Penulis Utama : Muhammad Riswanda
NIM / NIP : K2517050
×

Muhammad Riswanda, K2517050. KARAKTERISTIK BIO-OIL PADA PROSES PIROLISIS CEPAT RDF-5 BERBASIS LIMBAH AREN DAN KOPI DENGAN PENGIKAT LIMBAH PLASTIK. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2022.

Menipisnya persediaan bahan bakar fosil sebagai sumber energi tak terbarukan dapat memicu krisis energi seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi di masa mendatang. Pemanfaatan Energi Terbarukan dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan krisis energi di masa yang akan datang. Selain krisis energi, masyarakat Indonesia juga dihadapkan pada berbagai permasalahan terkait pengelolaan sampah, baik sampah organik maupun anorganik. Beberapa limbah seperti ampas aren, ampas kopi, dan limbah plastik HDPE dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif salah satunya melalui proses pirolisis. Pirolisis adalah proses dekomposisi kimia suatu bahan secara termal tanpa adanya oksigen. Proses pirolisis ini mengubah biomassa RDF-5 menjadi produk asap cair berupa bio-oil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan komposisi campuran biomassa limbah aren, limbah ampas kopi, dan limbah plastik HDPE terhadap kuantitas dan kualitas bio-oil pirolisis yang meliputi viskositas, densitas, dan nilai kalor.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan melalui proses pirolisis pada campuran biomassa RDF-5 dari limbah aren, limbah ampas kopi, dan limbah plastik HDPE dengan perbandingan komposisi 50%:30%:20%, 40%:40%:20%, dan 30%:50%:20%. Bio-oil hasil pirolisis disaring untuk pengujian lebih lanjut, termasuk pengujian kuantitas, viskositas, densitas, dan nilai kalor.

Dari penelitian ini diketahui bahwa perbandingan campuran biomassa yang menghasilkan bio-oil tertinggi berdasarkan kuantitas adalah perbandingan komposisi limbah ampas aren 50%, limbah ampas kopi 30%, dan 20% limbah plastik HDPE dengan jumlah sebanyak 200 ml. Rasio komposisi biomassa yang menghasilkan bio-oil tertinggi berdasarkan viskositas adalah rasio komposisi limbah ampas aren 50%, ampas kopi 30%, dan limbah plastik HDPE 20% sebesar 22,50 cP. Nilai kalor bio-oil pirolisis tertinggi dihasilkan dari RDF-5 dengan perbandingan komposisi 30% limbah ampas aren, 50% ampas kopi, dan 20% limbah plastik HDPE sebesar 561,6393 kal/gr. Densitas bio-oil pirolisis tertinggi dihasilkan dari RDF-5 dengan perbandingan komposisi 50% limbah ampas aren, 30% ampas kopi, dan 20% limbah plastik HDPE yaitu 1,0110 gr/cm3.

 

 

×
Penulis Utama : Muhammad Riswanda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2517050
Tahun : 2022
Judul : Karakteristik Bio-oil pada Pirolisis Cepat RDF-5 Berbasis Limbah Aren dan Kopi dengan Pengikat Plastik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Energi Baru Terbarukan (EBT), Ampas Aren, Ampas Kopi, Plastik HDPE, RDF-5, Bio-oil, Pirolisis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T.
2. Dr. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
Penguji : 1. Budi Harjanto, S.T., M.Eng.
2. Taufik Wisnu Saputra, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.