Penulis Utama : Dita Nurul Izza
NIM / NIP : H0418023
×

Dita Nurul Izza. H0418023. “Dinamika Kelompok Tani di Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Ir. Sugihardjo, M.S. dan Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc.. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.

Dinamika kelompok merupakan persepsi terhadap interaksi antara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi orang lain di dalam kelompok. Hal tersebut dapat berupa perubahan sikap dan perilaku yang mempengaruhi sikap dan tindakan orang lain di dalam kelompok. Suatu kelompok tani yang dinamis tampak dari interaksi yang terjalin antara anggota satu dengan anggota lain. Tingkat dinamika kelompok ditentukan oleh unsur dinamika kelompok yaitu tujuan kelompok, struktur kelompok, fungsi dan tugas kelompok, pengembangan dan pembinaan kelompok, kekompakkan kelompok, suasana kelompok, tekanan kelompok, efektifitas kelompok, dan maksud-maksud tersembunyi. Dinamik kelompok dapat dipengaruhi oleh faktor umur, tingkat pendidikan, lama berusahatani, luas lahan, intensitas penyuluhan, dan tingkat ketersediaan sarana produksi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dinamika kelompok tani dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dinamika kelompok tani di Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten  Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) di Desa Cabeyan Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok tani di Desa Cabeyan yaitu sebanyak 135 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS Statistic 26. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Analisis deskriptif  digunakan untuk memperoleh skor keseluruhan penilaian dari unsur dinamika kelompok. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji T, uji F dan uji determinasi (R-Square).

Kelompok tani di Desa Cabeyan termasuk dalam kategori kelompok tani yang sangat dinamis yaitu pada tujuan kelompok, kekompakkan kelompok, suasana kelompok, dan keefektifan kelompok. Kategori yang menunjukkan dinamis pada unsur struktur kelompok dan maksud-maksud tersembunyi. Kategori yang menunjukkan kurang dinamis pada pengembangan dan pembinaan kelompok dan tekanan kelompok. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap dinamika kelompok yaitu variabel umur dan luas lahan. Faktor- faktor yang tidak berpengaruh secara parsial terhadap dinamika kelompok yaitu  tingkat pendidikan, lama berusaha tani, intensitas penyuluhan, dan tingkat ketersediaan sarana produksi.

×
Penulis Utama : Dita Nurul Izza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0418023
Tahun : 2022
Judul : Dinamika Kelompok Tani di Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Dinamika, Dinamika Kelompok, Dinamika Kelompok Tani, Kelompok, Kelompok Tani
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
2. Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc.
Penguji : 1. Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
2. Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc.
3. Dr. Sapja Anantayu, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.