Penulis Utama : Sri Syamsiyah Lestari Sjafiie
NIM / NIP : T201608006
×

 

Budaya jurnalisme merupakan gabungan antara nilai-nilai jurnalisme dan praktik jurnalistik yang dilakukan oleh para wartawan. Berbagai penelitian sudah dilakukan terutama tentang bentuk budaya jurnalisme dari berbagai negara, namun belum banyak penelitian yang membahas bagaimana proses pembentukan budaya jurnalisme tersebut. Padahal proses ini penting untuk membentuk kompetensi komunikasi wartawan yang terdiri atas aspek kognitif, elemen afektif dan behavioral (Littlejohn & Foss, 2019; Hymes, 1972). Secara praktis kompetensi yang wajib dimiliki wartawan Indonesia, yang karenanya diujikan dalam uji kompetensi wartawan (UKW) adalah kompetensi intelektual, etika dan teknis (Dewan Pers, 2013). Perkembangan teknologi, situasi politik yang berubah membutuhkan kompetensi yang berbeda. Karena itu perlu untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan kompetensi komunikasi wartawan melalui proses morfologi budaya jurnalisme. Hal inilah yang menjadi alasan penelitian ini.

Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada informan di  empat lokasi yakni Yogyakarta, Jakarta, Medan dan Semarang. Pelaksanaan penelitian masing-masing lokasi sekitar satu bulan pada Tahun 2017-2019, dan jika dirasakan masih ada kekurangan maka informan akan dihubungi kembali.

Penelitian menghasilkan morfologi budaya jurnalisme dapat menghasilkan kompetensi komunikasi wartawan. Budaya jurnalisme yang terdiri atas nilai-nilai jurnalisme dan praktik jurnalistik, terbentuk dari tiga faktor yakni mikro, meso dan makro. Kompetensi komunikasi wartawan dari aspek kognitif dibentuk melalui morfologi nilai-nilai jurnalisme yang diajarkan dan ditanamkan pada wartawan. Pada proses ini, wartawan akan memiliki pengetahuan tentang peran wartawan dan nilai-nilai jurnalisme yang harus mereka miliki. Dari pengetahuan tersebut akan muncul kesadaran peran wartawan yang akan menjadi kompetensi afektifnya. Morfologi nilai dari faktor mikro, meso dan makro akan menghasilkan nilai-nilai yang cenderung sama atau berlaku universal pada wartawan. Namun pada morfologi praktik jurnalistik, ketiga faktor tersebut akan menghasilkan kompetensi teknis yang berbeda tergantung pada individu (mikro), media (meso) dan faktor lingkungan makro yakni politik, politik ekonomi, bisnis media, budaya setempat dan teknologi. Kompetensi komunikasi behavioral dibentuk oleh konteks lingkungan. Morfologi budaya jurnalisme yang menghasilkan pembentukan kompetensi komunikasi wartawan merupakan hal baru yang didapat dari penelitian ini.

×
Penulis Utama : Sri Syamsiyah Lestari Sjafiie
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T201608006
Tahun : 2022
Judul : Morfologi Budaya Jurnalisme: Kompetensi Komunikasi Pada Wartawan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-3 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Sosial dan Politik, Ilmu Komunikasi - T201608006 - 2022
Kata Kunci : Morfologi, Budaya Jurnalisme, Kompetensi Komunikasi
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof .Drs. Pawito, Ph.D
2. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
3. Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.Si
2. Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni NS, M.Si
3. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, PhD, Dr Andre N Rahmanto. S.Sos, MSi, Dr Kristina Setyowati, M,Si, Prof
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.