Penulis Utama : Putti Fatiharani Dewi
NIM / NIP : S201708004
×

Latar belakang
Melasma merupakan kelainan hipermelanosis didapat yang timbul khas pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari, bersifat kronis dan rekuren. Terapi melasma relatif sulit. Formula Kligman hingga saat ini masih menjadi pilihan, meskipun memiliki beberapa efek samping. Terapi layering krim cysteamine 5% dan asam traneksamat 3% diharapkan menjadi terapi alternatif untuk melasma.
Tujuan
Untuk mengetahui pengaruh terapi layering krim cysteamine 5% dan asam traneksamat 3% terhadap perbaikan skor MASI, penurunan indeks melanin serta indeks eritema dibandingkan formula Kligman modifikasi pada penderita melasma.
Metode
Penelitian eksperimental klinis pre and posttest control group design double-blind randomized controlled trial dengan 28 sampel pasien melasma yaitu kelompok A menggunakan layering krim cysteamine 5% dan asam traneksamat 3% dibandingkan dengan kelompok B menggunakan formula Kligman modifikasi (hidrokuinon 4%, tretinoin 0,05% dan fluocinolone acetonide 0,01%). Penilaian efektivitas terapi dilakukan saat minggu ke-0, 2, 4 dan 8, dengan penilaian skor MASI dan indeks melanin serta indeks eritema menggunakan Mexameter®. Kepuasan pasien diukur dengan visual analogue score (VAS). Semua data dianalisis dengan SPSS 22.00 dan nilai p <0>Hasil
Pada kedua kelompok terdapat penurunan nilai indeks melanin yang bermakna pada minggu ke-8 namun tidak signifikan antar kedua kelompok (p=0,572). Penurunan selisih indeks eritem yang signifikan didapatkan pada kelompok A hanya pada minggu ke-2, sedangkan pada kelompok B pada minggu ke-4 dan ke-8. Penurunan selisih skor MASI pada kelompok A didapat pada minggu ke-4 dan minggu ke-8, sedangkan kelompok B pada minggu ke-8. Perbedaan selisih perubahan skor MASI antara kelompok A dan kelompok B pada minggu ke-4 dan 8 menunjukan perbedaan yang signifikan (p=0,025 dan p=0,003). Skor VAS pretest dan postest berbeda signifikan pada kedua kelompok (p = 0,001).
Kesimpulan
Terapi layering krim cysteamine 5% dan asam traneksamat 3?rpengaruh dalam penurunan skor MASI dan indeks melanin namun tidak melebihi krim formula Kligman modifikasi pada pasien melasma. Layering krim cysteamine 5% dan asam traneksamat 3% tidak menurunkan indeks eritema, namun sebaliknya dengan krim formula Kligman modifikasi. Visual analogue score (VAS) tingkat kepuasan pasien terhadap terapi, sama pada kedua kelompok.

Kata Kunci
Melasma, cysteamine, asam traneksamat, formula Kligman, skor MASI

 

×
Penulis Utama : Putti Fatiharani Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201708004
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Layering Krim Cysteamine 5% dan Asam Traneksamat 3% Terhadap Skor Masi, Indeks Melanin, Indeks Eritema dan Visual Analogue Score (VAS) Pasien Melasma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : PPDS Penyakit Kulit dan Kelamin
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S201708004
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Arie Kusumawardani, Sp.KK(K)
2. Dr. dr. Nugrohoaji Dharmawan, MKes, Sp.KK(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.