Penulis Utama : Sumiyati Gunawan
NIM / NIP : T751808001
×

Pondasi tiang mendukung beban aksial dari struktur atas, beberapa mendukung beban lateral yang cukup besar. Pondasi tiang yang mendukung beban aksial dan lateral umumnya dianalisa terpisah, meskipun di lapangan kedua beban bekerja bersamaan (simultan). Percobaan pembebanan di Indonesia melaksanakan pembebanan secara terpisah, meskipun pada (ASTM D3966, 2013) tentang loading test simultan telah tersedia. Pondasi tiang umumnya bekerja dalam kelompok, tetapi dalam analisis diperhitungkan berdasarkan tiang tunggal, dan analisa interaksi tanah-tiang biasanya menggunakan modulus elastis rerata, linier, meskipun kenyataan di lapangan modulus elastisnya berlapis dan nonlinier. Penelitian akan menganalisa pengaruh beban simultan terhadap penurunan vertikal maupun defleksi horisontal pada pondasi tiang tunggal maupun kelompok dan membandingkan analisa interaksi tanah-tiang menggunakan modulus elastis linier dan nonlinier terhadap defleksi horisontal, dilakukan dengan eksperimental laboratorium, pemodelan 2D-FEM dan pemodelan 3D-FEM. 

Penelitian dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu tahap I, uji analisa dengan 2D-FEM menggunakan program Plaxis2D 8.6 pada pondasi tiang tunggal, dilanjutkan tahap II, uji eksperimental skala laboratorium dengan kotak uji ukuran (1,5x1,5x1,2) m3, sample tanah (silty-sand kepadatan loose medium), pondasi tiang tunggal menggunakan baja ukuran panjang L = 0,5 m dan L = 0,6 m, diameter D = 0,015 m dan D = 0,02 m, sedangkan pondasi kelompok tiang, susunan (1x2) dan (2x2), dengan s = 2,5 D dan s = 3 D. Tahap III, adalah validasi dengan pemodelan 3D-FEM menggunakan program Plaxis3D Foundation1.1 pada pondasi tiang tunggal dan pondasi kelompok tiang, dengan data tanah dan data loading test pada beberapa proyek di lapangan.

Hasil uji beban simultan tahap I, tahap II dan tahap III, pada tiang tunggal, diperoleh bahwa terdapat tambahan penurunan vertikal jika Pu/Hu<=5, dan terdapat tambahan defleksi horisontal jika (Pu.D)/(Hu.L.E)>=2,5x10^(-6). Hasil uji beban simultan tahap II dan tahap III, pada kelompok tiang, diperoleh bahwa terdapat tambahan penurunan vertikal jika Pu/Hu<=8, dan terdapat tambahan defleksi horisontal jika (Pu.D)/(Hu.L.E)>=0,745x10^(-6). Modulus elastis linier dan nonlinier terhadap defleksi horisontal terdapat selisih hasil rerata 5,76% untuk di lapangan dan 7,55% untuk di laboratorium.

Kesimpulan hasil penelitian adalah pondasi tiang dengan beban simultan dengan  perbandingan yang dijelaskan pada hasil uji, maka terdapat tambahan penurunan vertikal dan tambahan defleksi horisontal yang dapat diperkirakan dengan persamaan hasil penelitian. Modulus elastis rerata linier dapat dipertimbangan digunakan, untuk menyederhanakan analisa.

×
Penulis Utama : Sumiyati Gunawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T751808001
Tahun : 2022
Judul : Perilaku Pondasi Tiang Akibat Beban Simultan Model Laboratorium Dan Metode Elemen Hingga
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-3 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Teknik, Teknik Sipil - T751808001 - 2022
Kata Kunci : beban-simultan, penurunan-vertikal, defleksi-horisontal, daya-dukung-tiang
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Niken Silmi Surjandari, S.T., M.T.
2. Dr. Bambang Setiawan, S.T., M.T.
3. Prof. Yusep Muslih Purwana, S.T., M.T., Ph.D.
Penguji : 1. Prof. Stefanus Adi Kristiawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
2. Prof. Ir. H. Pratikso, M.ST., Ph.D.
3. Dr. Ir. Agus P Rahmadi, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.