Penulis Utama : Binti Muchsini
NIM / NIP : T812002001
×

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran spreadsheets dan menghasilkan prinsip-prinsip desain konstruksionisme dalam pembelajaran spreadsheets dengan menerapkan metodologi DBR. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kebutuhan pengembangan computational thinking mahasiswa pendidikan Akuntansi saat ini; 2) Merancang dan mengimplementasikan intervensi dalam kelas spreadsheets; 3) Menguji keefektifan penerapan aktivitas mendesain spreadsheets berbasis konstruksionisme dalam mengembangkan computational thinking mahasiswa pendidikan akuntansi.

Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivism dan tradisi pragmatis. Desain penelitian ini menggunakan DBR pragmatis mengacu pada model Amiel dan Reeves (2008). Tahap DBR dalam penelitian ini mencakup analisis kebutuhan, merancang intervensi, mengimplementasikan intervensi dan evaluasi. Siklus mikro penelitian ini dapat dilihat dari aktivitas-aktivitas yang dijabarkan dalam 6 siklus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui survey, observasi kelas, artefak karya mahasiswa dan dokumen. Pendekatan mixed method digunakan untuk menganalisis data.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan analisis kebutuhan, pengembangan computational thinking mahasiswa pendidikan akuntansi sangat diperlukan, 2) Desain intervensi yang dirancang dan diimplementasikan dalam kelas spreadsheets menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat secara kognitif, perilaku dan emosional, serta sosial yang berdampak pada keberhasilan mahasiswa mengadopsi computational thinking saat mendesain spreadsheets. 3) Secara kuantitatif, uji paired sample t-test menunjukkan p-value lebih kecil dari 0,05 (0,000<0>spreadsheets berbasis konstruksionisme efektif dalam mengembangkan computational thinking mahasiswa pendidikan Akuntansi. Secara kualitatif, pernyataan positif dan kualitas artefak mahasiswa setelah mengikuti aktivitas mendesain spreadsheets berbasis konstruksionisme juga mendukung keefektifan intervensi dalam mengembangkan computational thinking. Aktivitas refleksi dalam penelitian ini menghasilkan prinsip-prinsip desain konstruksionisme dalam pembelajaran spreadsheets untuk masa yang akan datang.

×
Penulis Utama : Binti Muchsini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T812002001
Tahun : 2022
Judul : MENGEMBANGKAN COMPUTATIONAL THINKING MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI MELALUI AKTIVITAS MENDESAIN SPREADSHEETS BERBASIS KONSTRUKSIONISME
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-3 Ilmu Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Ilmu Pendidikan - T812002001 - 2022
Kata Kunci : mendesain spreadsheets; computational thinking; lingkungan belajar konstruksinisme
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, MStats
2. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A. PhD
3. Dr. Wiranto, M.Kom., M.Cs
Penguji : 1. Dr. Mardiyana, MSi.
2. Prof. Dr. Asrowi, MPd
3. Prof. Dr. Sunardi, MSc
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.