Penulis Utama : Hafizh Muliarasis
NIM / NIP : I0117056
×

Guna menunjang perekonomian di Indonesia melalui bidang pariwisata khususnya di daerah ujung Pulau Jawa, maka direncanakan pembangunan Tol Serang – Panimbang. Pembangunan Tol Serang – Panimbang sudah direncanakan setidaknya dengan lima titik akses keluar masuk dengan menggunakan bangunan simpang susun. Pembangunan Simpang Susun Rangkasbitung merupakan salah satu simpang susun yang akan menghadirkan berbagai manfaat sehingga harus segera rampung. Seiring mendekatnya target selesai dari perencanaan penjadwalan pekerjaan, polusi yang dihasilkan selama proses pembangunan jalan tol turut meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis unit proses yang menghasilkan emisi GRK, menentukan unit proses dengan hasil emisi GRK terbanyak, dan membandingkan besaran emisi GRK jika objek penelitian menggunakan perkerasan beton bersambung dengan tulangan (JRCP).
Metode penelitian menggunakan pendekatan Life Cycle Assessment (LCA). Data pada penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu pencatatan dan observasi di lapangan. Metode analisis data menggunakan database EcoInvent dibantu dengan bantuan software Microsoft Excel 2019.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat 18 unit yang teridentifikasi menghasilkan emisi gas rumah kaca (GRK) dengan total emisi GRK yang dilepaskan sebesar 3.713.777,772 kgCO2e. Tahapan konstruksi yang menghasilkan emisi terbesar (titik kritis/hotspot) terletak pada tahapan konstruksi produksi material dalam unit proses produksi semen, dengan besar emisi GRK 2.456.981,167 kgCO2e dan bobot kontribusi sebesar 66,159?ri jumlah total emisi GRK yang dilepaskan. Variasi JRCP dengan dengan menggunakan single wiremesh menunjukkan penurunan sebesar 11,606% dengan total emisi GRK menjadi 3.282.754,654 kgCO2e, sedangkan pada variasi JRCP dengan double wiremesh menunjukkan penurunan sebesar 9,142% dengan total emisi GRK menjadi 3.374.249,212 kgCO2e.

Kata Kunci: emisi gas rumah kaca, life cycle assessment, cradle to gate, ecoinvent, perkerasan kaku.

 

×
Penulis Utama : Hafizh Muliarasis
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0117056
Tahun : 2021
Judul : Analisis dan Upaya Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca pada Pekerjaan Perkerasan Kaku (Studi Kasus: Jalan Akses Simpang Susun Rangkasbitung STA 0+800 – STA 1+800, Tol Serang – Panimbang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0117056
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fajar Sri Handayani S.T., M.T.
2. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., (Eng), Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.