Penulis Utama : Susanto Budi Yudho Pamungkas
NIM / NIP : I0518080
×

Aluminium sulfat (Al2(SO4)3) merupakan salah satu bahan kimia yang sangat diperlukan dalam industri pengolahan air. Industri yang menggunakan aluminium sulfat diantaranya adalah industri kertas, industri kulit, industri batik, industri tekstil, industri kosmetik dan industri bahan pemadam api. Pembuatan pabrik Aluminium Sulfat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam maupun luar negri yang terus berkembang seiring berkembangnya industri. Pabrik ini memiliki kapasitas  30.000  ton/tahun  dengan  bahan  baku  0,44 kg bauksit/1 kg produk dan  0,722 kg asam sulfat/1 kg produk. Pabrik direncanakan berdiri di Kawasan Industri Ketapang, Kalimantan Barat pada tahun 2025.

Reaksi pembuatan aluminium sulfat terjadi pada fase heterogen (padat-cair) secara eksotermis. Reaksi berlangsung dalam reaktor alir tangki berpengaduk pada suhu 120°C dan tekanan 1 atm  dengan waktu tinggal dalam reaktor total selama 6,5 jam, menggunakan air sebagai media pendingin dengan konversi sebesar 96%. Proses pembentukan produk berupa kristal menggunakan continuous stirred tank crystallizer, kemudian pemisahan dan pemurnian produk dilakukan melalui proses filtrasi dan pengeringan.  

Unit pendukung proses pabrik meliputi unit pengadaan air (pendingin, sanitasi, dan umum) yang bersumber dari pengolahan air sungai pada unit utilitas dengan kebutuhan 6,758 m/ton produk, untuk keperluan sistem refrigerasi dibutuhkan brine sebesar 19,18 m3/ton produk, udara tekan  sebesar 14 m3/ton produk dan ammonia sebesar 0,074 m3/ton produk, tenaga listrik sebesar 83 kWh/ton produk, bahan bakar generator 5,78 L solar/ton produk dan furnace 8,917 L solar/ton produk. Pabrik ini didukung oleh unit pengolahan limbah dan laboratorium untuk mengontrol mutu bahan baku, produk, serta limbah sesuai spesifikasi yang diinginkan.

Bentuk  perusahaan  yang  dipilih  adalah  Perseroan  Terbatas  (PT),  dengan struktur organisasi  line  and  staff.  Karyawan berdasarkan pembagian jam kerja terdiri dari karyawan shift dan non-shift.

Berdasarkan analisis ekonomi, analisis profitabilitas non-discounted menunjukkan nilai Payback Period selama 1,55 tahun, Cumulative Cash Ratio sebesar 4,13, Cumulative Cash Position sebesar  Rp384.679.939.256,80, dan Rate of Return on Investment sebesar 45,12%. Berdasarkan analisis profitabilitas discounted diperoleh nilai Discounted Payback Period selama 2,17 tahun, Present Value Ratio sebesar 2,59, Net Present Value sebesar Rp173.672.470.639,01. Discounted Cash Flow Rate of Return sebesar 30,38%. Evaluasi resiko dalam perhitungan profitabilitas didapatkan nilai Break Event Point sebesar 40,28% dan Shut Down Point sebesar 19,27%.  

×
Penulis Utama : Susanto Budi Yudho Pamungkas
Penulis Tambahan : 1. Amara Nur’aini K.W.S
2.
NIM / NIP : I0518080
Tahun : 2022
Judul : Prarancangan Pabrik Aluminium Sulfat dari Bauksit dan Asam Sulfat Kapasitas 30.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Inayati, S.T., M.T., Ph.D.
2. Dr. Fadilah, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.