Penulis Utama : Rufaidah Fajriati Andini
NIM / NIP : D0318060
×

Isu kekerasan terhadap perempuan merupakan isu yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya tingkat kekerasan terhadap perempuan di Indonesia tergolong tinggi, terutama kekerasan dalam rumah tangga yang dialami oleh perempuan. Kekerasan tersebut mengakibatkan pula tingginya tingkat perceraian dalam masyarakat. Tak terkecuali adalah masyarakat Kota Surakarta. Perceraian tersebut tentunya membawakan sebuah kehidupan baru bagi para korban, terutama bagi perempuan sebagai korban, banyak perubahan baik dalam segi sosial maupun ekonomi yang dirasakan korban. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi dengan teknik purposive sampling yang memiliki 7 informan utama yakni perempuan korban KDRT dan 7 informan pendukung yakni kerabat terdekat korban melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Dalam penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional oleh Talcott Parsons dan teori transformasi identitas oleh Jennifer Todd yang menjelaskan bahwa setelah bercerai, terjadi perubahan kehidupan sosial yang dirasakan korban mulai dari perubahan akan status dan peranan dalam keluarga yang tidak berjalan dengan baik, interaksi dan relasi dengan mantan keluarga ipar yang berbeda, serta kelas sosial yang ditempati oleh para korban yang mengalami penurunan. Melalui adaptasi korban dapat menyesuaikan segala perubahan tersebut dengan menetapkan tujuan hidup setelah bercerai, selain itu korban juga membentuk dan menjaga relasi dengan kerabat sekitar maupun mantan keluarga ipar, serta menerapkan strategi untuk bertahan hidup. Dalam masa perpindahan identitas yang dialami korban melalui fase disonansi habitus dalam tatanan sosial yang mana identitas baru korban dinilai buruk oleh masyarakat oleh sebab itu korban menilai diri mereka melalui disonansi habitus dalam individu. Pada akhirnya korban mengubah stigma buruk tersebut melalui strategi-strategi untuk bertahan hidup dengan kesengajaan mereka.

×
Penulis Utama : Rufaidah Fajriati Andini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0318060
Tahun : 2022
Judul : Perubahan Kehidupan Sosial Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pasca Bercerai
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Perubahan, Kehidupan Sosial, Perempuan Korban KDRT, Perceraian, Transformasi Identitas, Struktural Fungsional
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Hilmi Pujihartati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.