Penulis Utama : Nita Eka Rahmawati
NIM / NIP : K7117161
×

Penelitiann ini bertujuan untuk (1) membuktikan adanya pengaruh antara pola asuh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2020/2021; (2) membuktikan adanya pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2020/2021; dan (3) membuktikan adanya pengaruh antara pola asuh dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di 38 SDN se-Kecamatan Puring yang berjumlah 970 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 288 siswa kelas V di sebelas SDN se-Kecamatan Puring yang dipilih secara acak dengan teknik probability sampling jenis cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Analisis data menggunakan  uji regresi ganda dan korelasi pearson product moment dengan taraf signifikansi 0,05 serta menggunakan koefisien determinan.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pola asuh berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2020/2021, dengan nilai r hitung 0,526 > r tabel (0,116); (2) Gaya belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai r hitung 0,617 > r tabel (0,116); dan (3)  Pola asuh dan gaya belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai r hitung 0,699 > r tabel (0,116). Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara pola asuh dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2020/2021. Pola asuh dan gaya belajar memiliki pengaruh yang searah, artinya semakin tinggi pola asuh dan gaya belajar maka hasil belajar IPA siswa kelas V semakin tinggi.

Kata Kunci: pola asuh, gaya belajar, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Nita Eka Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117161
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Pola Asuh dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Puring Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117161
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.