Penulis Utama : Pratama Nur Berlian Sukma
NIM / NIP : K3118060
×

Pratama Nur Berlian Sukma. K3118060. “HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SUKOHARJO” Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2022.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tingkat komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukoharjo, (2) mendeskripsikan tingkat penyesuaian diri pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukoharjo, (3) menganalisis hubungan komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukoharjo.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 358 siswa. Dari populasi tersebut, peneliti menentukan 189 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan dua skala psikologi yaitu skala komunikasi interpersonal dan skala penyesuaian diri yang dikembangkan oleh peneliti. Analisis data penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan SPSS 20 dengan rumus Product Moment Pearson Correlation.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukoharjo tergolong dalam kategori sedang, (2) penyesuaian diri siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukoharjo tergolong dalam kategori sedang, (3) hasil nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,000 dan hasil nilai koefisien Pearson Correlation sebesar 0,789, membuktikan bahwa variabel komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri memiliki hubungan positif yang tergolong kuat. Artinya semakin tinggi komunikasi interpersonal maka semakin tinggi pula penyesuaian diri siswa.

Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh Guru BK sebagai referensi untuk menentukan layanan BK yang sesuai kepada siswa kelas X. Guru BK dapat memberikan layanan BK berupa bimbingan klasikal atau bimbingan kelompok untuk membantu siswa meningkatkan komunikasi interpersonalnya sehingga akan menjadikan penyesuaian diri siswa juga ikut meningkat. Penelian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk menguji lebih dalam tentang komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri dengan metode penelitian serupa ataupun yang berbeda seperti penelitian eksperimen, R&D, SLR, studi kasus, dll.

×
Penulis Utama : Pratama Nur Berlian Sukma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3118060
Tahun : 2023
Judul : HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SUKOHARJO
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Siswa, Komunikasi Interpersonal, Penyesuaian Diri
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.