Penulis Utama : Sri Utami Wulandari
NIM / NIP : O0118104
×

ABSTRAK

Sri Utami Wulandari. O0118104. ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KURSUS DAN PELATIHAN INSTRUKTUR SENAM AEROBIK PADA LKP FIT CORNER STUDIO PURWOKERTO. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2022.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Standar Kompetensi Lulusan kursus dan pelatihan instruktur senam aerobik pada LKP Fit Corner Studio dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah pemilik LKP Fit Corner Studio, instruktur/alumni LKP Fit Corner Studio yang berjumlah 50 orang, dan peserta senam yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket akan diisi oleh instruktur/alumni LKP Fit Corner Studio. Sedangkan wawancara dilakukan untuk memperoleh data dari pemilik LKP Fit Corner Studio. Validitas data menggunakan teknik traingulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: pada indikator pengetahuan yang dikuasai dari instruktur78% sangat sesuai dan 22% sesuai sedangkan dari peserta senam 58% sangat sesuai dan 42% sesuai. Pada indikator sikap dan tata nilai dari instruktur dan peserta senam memperoleh hasil 88% sangat sesuai dan 12% sesuai. Pada indikator kemampuan di bidang kerja dari instruktur 80% sangat sesuai dan 20% sesuai sedangkan dari peserta senam 72% sangat sesuai dan 28% sesuai. Pada indikator hak dan tanggung jawab dari instruktur 60% sangat sesuai dan 40% sesuai sedangkan dari peserta senam 82% sangat sesuai dan 18% sesuai. Berdasarkan hasil wawancara kursus dan pelatihan menurut SKL yang diberlakukan pemerintah seharusnya pelaksanaannya 1 tahun namun di LKP Fit Corner Studio diminimalisir menjadi 6 bulan. Dengan diminimalisirnya kursus dan pelatihan tersebut tidak mengurangi SKL yang berlaku karena di LKP Fit Corner Studio diadakan pemadatan serta untuk capaian pembelajaran selama kursus dan pelatihan juga tercapai.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa SKL yang terdapat di LKP Fit Corner Studio sudah sesuai dengan SKL yang ditentukan pemerintah. Akan tetapi ada beberapa indikator seperti pengetahuan yang didalamnya terdapat modul, kurikulum dan sertifikat pelatih yang perlu ditingkatkan dan dikaji lebih mendalam agar nantinya lulusan kursus dan pelatihan instruktur senam aerobik di LKP Fit Corner Studio bisa menjadi instruktur yang profesional.

×
Penulis Utama : Sri Utami Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0118104
Tahun : 2022
Judul : Analisis Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan Instruktur Senam Aerobik pada LKP Fit Corner Studio Purwokerto
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: SKL, LKP, Instruktur, Peserta Senam
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Santoso Sabarini, S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Abdul Aziz Purnomo Shidiq, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.