Penulis Utama : Rois Nurhidayah Safitri
NIM / NIP : O0218082
×

ABSTRAK

 

Rois Nurhidayah Safitri. O0218082. ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI ATLET KABUPATEN GUNUNGKIDUL DALAM PERSIAPAN PEKAN OLAHRAGA DAERAH (PORDA) XVI DIY 2022. Skripsi. Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2022.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis motivasi berprestasi atlet Kabupaten Gunungkidul dalam Persiapan Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI DIY 2022 berdasarkan aspek tanggung jawab, umpan balik, mempertimbnagkan resiko dan kreatif.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: (1) responden merupakan atlet Kabupaten Gunugkidul dalam Persiapan Pekan OLahraga (PORDA) DIY XVI 2022 dengan prospek mendapatkan medali. (2) responden merupakan atlet PORDA Kabupaten Gunungkidul yang mendapatkan undangan untuk melakukan tes fisik. Populasi dalam penelitian ini sebanyakm 499 atlet dari 44 cabang olahraga. Sampel dalam penelitian adalah atlet Kabupaten Gunungkidul dalam persiapan Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI DIY 2022 sebanyak 115 atlet dari 26 cabang olahraga. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut : (1) aspek tanggung jawab pada kategori sangat baik sebesar 85%, kategori baik sebesar 15%, sedangkan kategori cukup baik sebesar 0% dan kategori kurang sebesar 0%. (2) aspek memperhatikan umpan balik pada kategori sangat baik sebesar 92%, sedangkan kategori baik sebesar 8%, sedangkan kategori cukup baik sebesar 0% dan kategori kurang sebesar 0%. (3) aspek mempertimbangkan resiko pada kategori sangat baik sebesar 89%, kategori baik sebesar 11%, sedangkan kategori cukup baik sebesar 0% dan kategori kurang sebesar 0%. (4) aspek kreatif pada kategori sangat baik sebesar 94%, kategori baik sebesar 6%, sedangkan kategori cukup baik sebesar 0% dan kategori kurang sebesar 0%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi atlet Kabupaten Gunungkidul Dalam Persiapan Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI DIY 2022 dalam kategori sangat baik dengan rincian sebagai berikut:  (1) aspek tanggung jawab pada kategori sangat baik sebesar 85%.     (2) aspek memperhatikan umpan balik pada kategori sangat baik sebesar 92%.    (3) aspek mempertimbangkan pada kategori sangat baik sebesar 89%. (4) aspek kreatif pada kategori sangat baik sebesar 94%.

 

Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Atlet Kabupaten Gunungkidul, PORDA DIY.

×
Penulis Utama : Rois Nurhidayah Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0218082
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI ATLET KABUPATEN GUNUNGKIDUL DALAM PERSIAPAN PEKAN OLAHRAGA DAERAH (PORDA) XVI DIY 2022.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Atlet Kabupaten Gunungkidul, PORDA DIY.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes., Ph.D
2. Hendrig Joko Prasetyo, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Dra. Ismaryati, M.Kes.
2. Febriani Fajar Ekawati, S.Pd., M.Or., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.