Penulis Utama : Arifatunnisa Sakinah
NIM / NIP : K1218009
×

Arifatunnisa Sakinah. NIM K1218009. DISKRIMINASI TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL KIM JI-YEONG LAHIR TAHUN 1982 KARYA CHO NAM-JOO DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR RESENSI NOVEL DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, November 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Bentuk-bentuk diskriminasi gender dalam novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-joo; (2) Faktor pemengaruh diskriminasi gender dalam novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982; (3) Solusi meminimalkan tindak diskriminasi gender; dan (4) Pemanfaatan novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 sebagai materi ajar resensi novel di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan konten analisis. Sumber data penelitian berupa dokumen novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 dan informan yaitu pembaca novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta siswa kelas XI SMA. Data penelitian berupa narasi, monolog, dialog dalam novel, dan hasil wawancara. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu teknik analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data yaitu teknik triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data analisis mengalir.

Hasil penelitian dinyatakan sebagai berikut: (1) Terdapat lima bentuk diskriminasi gender dalam novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982, yaitu marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan, dan beban ganda. Bentuk paling dominan yaitu subordinasi karena pola pikir yang berkembang dalam masyarakat bahwa laki-laki adalah pemegang kekuasaan; (2) Faktor pemengaruh diskriminasi gender adalah adanya konstruksi biologis (kondisi fisik dan psikis) dan konstruksi budaya (patriarki). Faktor utama yang mempengaruhi diskriminasi gender adalah adanya konstruksi budaya berupa patriarki yang mengakar sejak dahulu; (3) Solusi untuk meminimalkan tindak diskriminasi gender dapat dilakukan dalam bentuk upaya jangka pendek dan upaya jangka panjang. Upaya yang dinilai cukup efektif bagi permasalahan ketimpangan gender dapat dimulai dari tingkatan paling dasar yaitu lingkungan keluarga dan diri sendiri; dan (4) Novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar resensi novel karena selain sebagai suatu inovasi, peserta didik juga memperoleh wawasan tentang kesetaraan gender. Diperlukan pendampingan guru serta penguatan materi dan karakter peserta didik mengingat topik dalam novel tersebut cukup sensitif.

 

Kata kunci: diskriminasi gender, materi ajar, novel, resensi

×
Penulis Utama : Arifatunnisa Sakinah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218009
Tahun : 2022
Judul : Diskriminasi Tokoh Perempuan dalam Novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 Karya Cho Nam-joo dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Resensi Novel di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : diskriminasi gender, materi ajar, novel, resensi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dr. Edy Suryanto, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Elisabeth Nugraheni Eko Wardani, S.S., M.Hum.
2. Prof. Dr, Sarwiji SUwandi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.