Penulis Utama : Yusuf Samsul Arifin
NIM / NIP : K4418082
×

Yusuf Samsul Arifin. K4418082. ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis (1) perencanaan pembelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 pada kelas XI di SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2021/2022, (2) pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 pada kelas XI di SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2021/2022, dan (3) evaluasi pembelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 pada kelas XI di SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2021/2022.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan time sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) kegiatan perencanaan pembelajaran sejarah SMA Negeri 7 Surakarta dilakukan dengan mengembangkan silabus dan RPP. Penyusunan RPP telah menerapkan prinsip efisien dan efektif, sedangkan untuk prinsip berorientasi pada siswa belum dapat diterapkan. Komponen yang terdapat dalam RPP terdiri dari tujuan, kegiatan pembelajaran, evaluasi, dan tambahan komponen berupa lampiran instrumen penilaian. Pembatasan jumlah halaman membuat guru tidak bisa menyusun perencanaan pembelajaran yang mendetail. (2) Kegiatan pelaksanaan dimulai dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan belum selaras dengan ketentuan Kurikulum 2013. Kegiatan inti belum dapat menerapkan sintaks yang telah direncanakan dalam RPP dan masih bersifat teacher centered. Kegiatan penutup belum sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran telah mencapai tujuan pembelajaran yang terdiri dari ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pelaksanaan pembelajaran telah mengintegrasikan keterampilan abad 21 yang berupa komunikasi dan berfikir kritis. (3) Kegiatan evaluasi pembelajaran menggunakan pendekatan otentik, meliputi ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Evaluasi pengetahuan dilakukan dengan tugas karya ilmiah dan telah mengintegrasikan ketentuan HOTS. Evaluasi sikap menggunakan instrumen Observasi dan untuk keterampilan menggunakan instrumen unjuk kerja untuk menilai karya tulis.

 

×
Penulis Utama : Yusuf Samsul Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4418082
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : RPP, pembelajaran Sejarah, SE Mendikbud No 14 Tahun 2019
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Leo Agung S, M.Pd
2. Dr. Musa Pelu, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum
2. Nur Fatah Abidin, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.