Penulis Utama : Kresto A. De Haan
NIM / NIP : S581902006
×

Latar Belakang: Infeksi pada tuba fallopi masih merupakan masalah pada bidang infertilitas. Tumor necrosis factor-alpha (TNF-?) merupakan salah satu sitokin pro-inflamasi yang muncul sebagai respon terhadap inflamasi sehingga perlu diketahui responnya pada penderita infertilitas faktor tuba.

Tujuan: Mengetahui adanya perbedaan ekspresi TNF-? pada tuba fallopi non paten wanita infertil dengan tuba fallopi paten wanita hamil tanpa komplikasi.

Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi – Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) pada bulan September – November 2022 dan melibatkan sampel tuba fallopi yang tersimpan di bagian Patologi Anatomi (PA) RSUD Dr. Moewardi, Surakarta dari bulan Januari 2020 – Mei 2022. Sampel tuba dibagi kedalam 2 kelompok dengan kelompok yang diamati adalah tuba fallopi non paten wanita infertil dan kelompok kontrol adalah sampel tuba fallopi paten wanita hamil tanpa komplikasi dimana semuanya memenuhi kriteria elijibilitas. Seluruh sampel selanjutnya dilakukan pemeriksaan imunohistokimia (IHC) untuk menilai ekspresi TNF-?. Seluruh sampel penelitian dan data pasien yang diperoleh dicatat dalam lembar data yang dirancang khusus dan dianalisis menggunakan uji Mann Whitney. Seluruh pengelolaan data dilakukan dengan IBM SPSS versi 22.0.

Hasil: Penelitian melibatkan 30 sampel tuba fallopi dengan masing-masing kelompok memiliki 15 sampel. Ekspresi TNF-? pada kelompok tuba paten didapatkan rata-rata 3.60 (±4.31) (CI 95%:1,22-5,98). Ekspresi TNF-? pada kelompok tuba non paten didapatkan rata-rata 6.87 (±4.50) (CI 95%:4,37-9,36). Hasil uji statistik penelitian ini menunjukan perbedaan ekspresi TNF-? pada tuba fallopi non paten yang merupakan kelompok yang diamati dan tuba fallopi paten merupakan kelompok kontrol mendapatkan nilai p=0,030 (p<0>

Kesimpulan: Terdapat perbedaan ekspresi TNF-? pada tuba non paten wanita infertil dan tuba paten wanita hamil tanpa komplikasi, dimana ekspresi TNF-? pada tuba non paten lebih tinggi dibandingkan dengan ekspresi TNF-? pada tuba paten.

 

×
Penulis Utama : Kresto A. De Haan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581902006
Tahun : 2022
Judul : PERBEDAAN EKSPRESI TUMOR NECROSIS FACTOR-ALPHAPADA TUBA FALLOPI NON PATEN WANITA INFERTILDENGAN TUBA FALLOPI PATEN WANITA HAMILTANPA KOMPLIKASI
Edisi :
Imprint : SOLO - Fak. Kedokteran - 2022
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Infertilitas – Tuba Fallopi Non Paten – Ekspresi TNF-?
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Uki Retno Budihastuti, Sp.O.G, Subsp.F.E.R
2. dr. Asih Anggraeni, Sp.O.G, Subsp.Urogin RE.
Penguji : 1. dr. Eriana Melinawati, Sp.O.G, Subsp.F.E.R
2. dr. Darto, Sp.O.G, Subsp.Urogin RE.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.