Penulis Utama : Yayuk Rahayuningtias
NIM / NIP : K6417078
×

Yayuk Rahayuningtias. K6417078. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID APLIKASI PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus, 2022.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara di SMP Negeri 2 Gemolong. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gemolong pada kelas VII semester I tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gemolong tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 256 siswa. Sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis android. Sedangkan, variabel terikatnya yaitu peningkatan hasil belajar siswa kelas VII materi pelajaran perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah, teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (Uji t dan N-gain) dengan taraf signifikansi 5%. Data diolah dengan bantuan program SPSS Version 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media pembelajaran berbasis android aplikasi Pancasila di kelas eksperimen dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran pada kelas kontrol pada materi proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. Melalui analisis Independent Sampel t-test diperoleh taraf signifikasi sebesar 0,013 yang mana nilainya kurang dari 0,05, dan nilai ( thitung 2,5448 > ttabel 1,697 ).Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulanya, ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis android aplikasi Pancasila terhadap hasil belajar siswa. Perbedaan ini disebabkan karena pada kelas eksperimen pembelajaran dibantu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android aplikasi Pancasila sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dengan menggunakan media konvensional yaitu buku. 

×
Penulis Utama : Yayuk Rahayuningtias
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417078
Tahun : 2022
Judul : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID APLIKASI PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci : Media Pembelajaran Android, PPKn, Hasil Belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, S.H., M.A
2. Dr. Winarno,S.Pd.,M.Si
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekiningsih,S.H.,Kn.,M.Pd
2. Dr. Rima Vien Permata Hartanto,S.H.,M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.