Penulis Utama : Muhammad Faddilah
NIM / NIP : B0415036
×

Muhammad Faddilah. B0415036. Dinamika Majalah Provoke! di Jakarta Tahun 2009-2012. Skripsi: Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Sejarah. Universitas Sebelas Maret.

Majalah Provoke! merupakan salah satu majalah remaja di Indonesia yang terbentuk pada tahun 2006. Penelitian ini bertujuan, pertama, mengetahui profil majalah Provoke!, kedua memberikan penjelasan terkait dinamika konten majalah Provoke, dan ketiga menjelaskan segala aktivitas majalah Provoke! pada tahun 2009-2012 di Jakarta.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yang terdiri dari empat tahapan, yakni Heuristik (pengumpulan sumber), Kritik sumber (Verifikasi), Interpretasi, dan Historiografi, dengan memanfaatkan sumber sezaman sebagai sumber utama seperti wawancara dan majalah yang terbit pada tahun 2009-2012.

Hasil penelitian, menunjukan, pertama, majalah Provoke! terbit pertama kali pada tahun 2006 dengan mengusung tagline “The Revolution of Ideas”. Majalah Provoke merupakan majalah remaja yang menggabungkan nilai idealisme dan komersialisme. Pada tahun 2009-2012 majalah Provoke! didistribusikan secara gratis di lebih dari 350 sekolah di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Kedua, penerbitan majalah Provoke! pada tahun 2009-2012 memiliki rubrik seperti Special Report, Jalan-jalan, Artist of The Month, Indopendent, Highskul Highlight, Educational Page, dan Common Ground. Majalah Provoke! memuat artikel yang berhubungan dengan kehidupan remaja. Pada tahun 2009-2012 artikel majalah Provoke! mengusung beberapa tema seperti motivasi remaja, percintaan, isu yang berkembang, pendidikan, kegiatan sekolah, musik, film, lifestyle, perkembangan teknologi, dan seni. Tema-tema yang menarik yang dimuat dan sering dibahas dalam artikel majalah Provoke! tahun 2009-2012 seperti motivasi remaja, percintaan dan isu yang berkembang.

Ketiga, majalah Provoke! memilki kegiatan untuk mewujudkan visi dan misi. Kegiatan majalah Provoke! seperti Provoke! in The Garage yang dibentuk pada November 2011 dan diadakan rutin setiap bulannya. Provoke! on Stage yang diselenggarakan pertama kali pada Desember 2011 di Marley Bar Jakarta. Provocative Workshop diselenggarakan pertama kali pada 23 Februari 2012 di Jakarta. Majalah Provoke! juga menjalin kerjasama dengan client seperti iklan advertiorial atau artikel kreatif, program Garnier Love Crew yang terjalin sejak tahun 2009 dalam bidang sosial, dan Provoke! Flick pada tahun 2011 yang merupakan kerjasama dengan Blitz dalam bidang perfilman. Pada tahun 2009-2012 majalah Provoke! dengan mengusung visi dan misi untuk melakukan suatu perubahan yang lebih baik di kalangan remaja Indonesia sebagai investasi negara diwujudkan dalam kontribusi remaja dalam pembuatan konten dan program-program majalah Provoke!.

×
Penulis Utama : Muhammad Faddilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415036
Tahun : 2022
Judul : DINAMIKA MAJALAH PROVOKE! DI JAKARTA TAHUN 2009-2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Majalah, Provoke!, Profil, Rubrik, Ideas
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S., M.Hum.
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A
Penguji : 1. Dr. Asti Kurniawati, M. Hum
2. Dr. M. Bagus Sekar Alam, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.