Penulis Utama : Desti Nur Rohmah
NIM / NIP : K3117021
×

Desti Nur Rohmah. K3117021. PENGEMBANGAN LAMAN WEB (WEBSITE) KONSELING DARING PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EVALUASI DIRI PESERTA DIDIK SMA DI SURAKARTA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2022.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan prototype-2 laman web konseling daring pendekatan realita guna membantu peserta didik meningkatkan keterampilan evaluasi diri. Peneliti memilih menggunakan pendekatan realita WDEP pada laman web sebagai sistem untuk meningkatkan keterampilan evaluasi diri peserta didik, dimana WDEP diadaptasi menjadi tahapan-tahapan yang telah didesain guna membantu mengembangkan keterampilan evaluasi diri pada peserta didik. Produk dalam penelitian ini akan digunakan guru BK dalam kegiatan konseling individu untuk peserta didik SMA. Penelitian dilakukan menggunakan desain penelitian dan pengembangan Plomp & Nieveen (2013) yang dilaksanakan hingga tahap developing and prototyping hingga menghasilkan produk prototipe-2 dari hasil revisi setelah uji validitas ahli menggunakan inter-rater agreement pada dua ahli BK. Hasil uji validitas ahli produk laman web yang dilakukan pada dua ahli BK menunjukkan bahwa produk memiliki validitas tinggi (0,96), sehingga pengembangan prototype laman web ini  dapat digunakan sebagai media layanan konseling untuk meningkatkan keterampilan evaluasi diri peserta didik SMA. Laman web yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah dapat digunakan sebagai media layanan konseling individu tanpa tatap muka, dapat digunakan oleh peserta didik SMA dari kelas 10 sampai kelas 12, dengan memanfaatkan produk ini guru BK dapat membantu peserta didik meningkatkan keterampilan evaluasi diri. Pengembangan laman web ini diharapkan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tahap assesment phase or implementation sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih sempurna.

×
Penulis Utama : Desti Nur Rohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117021
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Laman Web (Website) Konseling Daring Pendekatan Realita Untuk Meningkatkan Keterampilan Evaluasi Diri Peserta Didik SMA di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : laman web, evaluasi diri, konseling daring
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rian Rokhmad Hidayat, M.Pd
2. Agus Tri Susilo, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Adi Dewantoro, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.