Penulis Utama : Dina Nabawiyah
NIM / NIP : B0117018
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah unsur-unsur yang membangun struktur antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi)? (2) bagaimanakah problem-problem keluarga dalam antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri? (3) bagaimanakah nilai moral yang terdapat dalam antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun struktur antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi); (2) mendeskripsikan problem-problem keluarga dalam antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri; (3) mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri.
Landasan teori penelitian ini adalah pengertian cerkak, pendekatan struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi), pendekatan sosiologi sastra menurut Wellek dan Warren, problem keluarga, dan nilai moral.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa tujuh judul cerkak dalam antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri dan wawamcara. Data penelitian berupa teks tujuh judul cerkak dalam antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis struktural dan analisis sosiologi sastra.
Hasil penelitian ini adalah (1) unsur struktural tujuh judul cerkak dalam antologi cerkak Puspa Laksita karya Asti Pradnya Ratri menunjukkan satu kesatuan yang utuh antara unsur yang satu dengan yang lain; (2) berdasarkan kajian sosiologi sastra dalam antologi cerkak Puspa Laksita mengungkapkan berbagai macam problem-problem keluarga; (3) ditinjau dari nilai moralnya dapat disimpulkan bahwa nilai moral yang terdapat dalam tujuh judul cerkak Puspa Laksita yaitu nilai moral yang baik.

Kata Kunci: Antologi Cerkak Puspa Laksita, Problem Keluarga, Sosiologi Sastra.

 

×
Penulis Utama : Dina Nabawiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0117018
Tahun : 2021
Judul : Problem-Problem Keluarga Dalam Antologi Cerkak Puspa Laksita Karya Asti Pradnya Ratri (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0117018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.