Penulis Utama : Hartanti
NIM / NIP : K3117033
×

ABSTRAK

Hartanti. K3117033. HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN SELF CONFIDENCE PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2022.

       Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan profil body image pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta; (2) Mendeskripsikan  self confidence pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta; (3) Mengetahui perbedaan body image pada mahasiswa laki-laki dan perempuan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta; (4) Mengetahui perbedaan self confidence pada mahasiswa laki-laki dan perempuan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta; (5) Mengetahui hubungan body image dengan self confidence Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

       Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 163 mahasiswa dan sampel penelitian yaitu 116 mahasiswa, hasil tersebut didapatkan melalui rumus slovin. Pengumpulan data melalui analisis dokumentasi dan skala psikologis. Instrumen body image dan self confidence menggunakan adopsi skala psikologis dari Maulida 2020. Teknik analisis data menggunakan (1) analisis deskriptif, mendeskripsiksan profil body image dan self confidence; (2) analisis korelation product moment, menentukan hubungan body image dan self confidence; (3) uji-t, menemukan perbedaan body image dan self confidence pada mahasiswa laki-laki dan perempuan.

       Hasil penelitian menunjukkan (1) Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki body image yang sedang; (2) Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki self confidence yang tinggi; (3) Terdapat perbedaan signifikan body image pada mahasiswa laki-laki dan perempuan; (4) Tidak terdapat perbedaan self confidence yang signifikan pada mahasiswa laki-laki dan perempuan; (5) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara body image dan self confidence dengan nilai signifikansi 0,00 dan nilai koefisien korelasi 0,453.

       Penelitian ini memberikan sumbangan pengetahuan mengenai body image dan self confidence yang dimiliki oleh mahasiswa FKIP UNS. Ditinjau dari keterbatasan penelitian, diharapkan penelitian ini untuk dijadikan sebagai acuan pada penelitian yang terkait dan mampu mengembangkan lebih jauh perihal body image dan self confidencecontohnya digunakan sebagai metode pembelajaran bagi dosen.

Kata kunci : body image, self confidence, mahasiswa

×
Penulis Utama : Hartanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117033
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Body Image dengan Self Confidence pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Body image, self confidence, mahasiswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Asrowi, M.Pd
2. Ma'rifatin Indah Kholili, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Ulya Makhmudah, S.Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.