Penulis Utama : Annisa Setianing Budi
NIM / NIP : B0118005
×

Annisa Setianing Budi. B0118005. Konflik Sosial dalam Lima Cerkak Kuncine Muntir Nengah Karya Rini Tri Puspahardini Dkk (Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.
Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) keterikatan antarunsur struktural pada cerkak-cerkak karya Rini Tri Puspahardini Dkk menurut teori  Burhan Nurgiyantoro yang meliputi (tema, tokoh dan penokohan, alur, latar atau setting, sudut pandang, stile atau gaya bahasa, dan amanat). (2) bentuk-bentuk konflik sosial yang terdapat dalam lima cerkak karya Rini Tri Puspahardini Dkk. (3) pesan moral yang terdapat dalam lima cerkak karya Rini Tri Puspahardini Dkk.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) Menjelaskan keterikatan antarunsur struktural dalam lima cerkak karya Rini Tri Puspahardini Dkk. (2) Menjelaskan bentuk-bentuk konflik sosial yang terdapat dalam lima cerkak karya Rini Tri Puspahardini Dkk. (3) Menjelaskan pesan moral yang terdapat dalam lima cerkak karya Rini Tri Puspahardini Dkk.
Penelitian ini menggunakan landasan teori yaitu cerkak, struktural Burhan Nurgiyantoro untuk mendeskripsikan unsur-unsur instrinsik yang meliputi: unsur (tema, tokoh dan penokohan, alur, latar atau setting, susut pandang, stile atau gaya bahasa, dan amanat), pendekatan sosiologi sastra, konflik sosial, pesan moral. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian sastra. Bentuk penelitian adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah lima cerkak karya Rini Tri 
Puspahardini Dkk. Sumber data adalah pengarang dan lima cerkak karya Rini Tri Puspahardini Dkk. Data yang digunakan dalam penelitian ini, adalah kata-kata, kalimat-kalimat dan dialog-dialog antartokoh yang mengandung bentuk-bentuk konflik sosial dan pesan moral dalam lima cerkak karya Rini Tri Puspahardini Dkk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ditinjau dari unsur-unsur struktur yang membangun cerita pada cerkak ini memiliki keterikatan yang kuat dan saling mendukung dalam upaya penyampaian pesan moral. Unsur yang terdapat dalam cerkak adalah tema, tokoh dan penokohan, alur, latar atau setting, sudut pandang, stile atau gaya bahasa, amanat. (2) Ditinjau dari konflik-konflik yang terdapat dalam cerkak ini cukup banyak konflik-konflik sosial yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, konflik atau pertentangan dalam cerkak ini paling banyak adalah konflik pribadi. Sedangkan lainnya konflik pertentangan kelas-kelas sosial dan konflik pertentangan politik. (3) Ditinjau dari Pesan moral dalam keluarga maupun dalam masyarakat yang bisa dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

×
Penulis Utama : Annisa Setianing Budi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118005
Tahun : 2022
Judul : KONFLIK SOSIAL DALAM LIMA CERKAK DALAM KUMPULAN CERKAK KUNCINE MUNTIR NENGAH KARYA PERMATA AJI BAGIANANDA MULYA, RINI TRI PUSPAHARDINI, BUDI WAHYONO, TRIMAN LAKSANA, DANANG TUTUT ARIFAL(TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
2. -
3. -
4. -
5. -
Penguji : 1. -
2. -
3. -
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.