Penulis Utama : Nita Layli Hanifah
NIM / NIP : S021908036
×

Latar Belakang: Kecemasan gigi merupakan salah satu jenis kecemasan yang memberikan komplikasi utama bagi pasien dan dokter gigi. Pencabutan gigi molar ketiga adalah salah satu prosedur pembedahan paling umum di bidang bedah mulut dan maksilofasial yang disertai dengan berbagai pemicu kecemasan. Rasa cemas akibat prosedur yang dilakukan saat prosedur perawatan gigi menyebabkan kecemasan 60%-80% pada pasien yang akan melakukan tindakan bedah. Penelitian ini bertujuan untuk Mengestimasi besar pengaruh pemberian video informatif terhadap tingkat kecemasan pada pasien yang akan dilakukan tindakan pembedahan gigi molar ketiga berdasarkan sejumlah studi primer terdahulu.
Subjek dan metode: Penelitian ini merupakan studi sistematis dan meta-analisis,dengan PICO sebagai berikut Population: Pasien usia 18-45 tahun, Intervention: Video informatif tentang pembedahan gigi molar ketiga, Comparison: Tanpa video informatif, Outcome: Tingkat kecemasan. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa database antara lain PubMed, Scopus, Hindawi, Proquest, ScienceDirect dan Google Scholar. Artikel ini dikumpulkan selama 1 bulan. Kata kunci untuk mencari artikel adalah sebagai berikut: "Video" OR "Audiovisual" AND "Dental Anxiety" OR "Anxiety" AND "Third Molar Surgery" AND "Randomized Controlled Trial". Artikel yang termasuk dalam penelitian ini adalah artikel full text dengan desain studi Randomized Controlled Trial. Artikel dikumpulkan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3
Hasil: Sebanyak 9 artikel ditinjau dalam penelitian meta-analisis ini. Studi menunjukkan bahwa video informatif berpengaruh dalam menurunkan kecemasan, namun tidak signifikan secara statistik. (Standarized Mean Difference= -0.07; CI95%= -0.20 hingga 0.07; p= 0.32). Funnel plot mengindikasikan terdapat bias publikasi.
Kesimpulan: Video informatif tentang pembedahan gigi menurunkan tingkat kecemasan, namun tidak signifikan secara statistik.

Kata kunci: video informatif, kecemasan gigi, pembedahan gigi molar ketiga

 

×
Penulis Utama : Nita Layli Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021908036
Tahun : 2021
Judul : Meta-Analisis Pengaruh Pemberian Video Informatif Terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien yang Akan Dilakukan Tindakan Pembedahan Gigi Molar Ketiga
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S021908036
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd.
2. Dr. Rita Benya Adriani, S.Kp., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.