Penulis Utama : Eka Aprilia
NIM / NIP : S851908006
×

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan game edukasi 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi logaritma kelas X di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta; 2) mengetahui kelayakan game edukasi 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi logaritma kelas X; 3) mengetahui keefektifan game edukasi 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi logaritma.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model desain pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data meliputi uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Tingkat kevalidan game diukur melalui angket validasi oleh pakar yang meliputi ahli materi, dan ahli pengembangan media. Tingkat game diukur melalui hasil pengisian angket respon oleh guru dan siswa pada saat uji coba. Tingkat keefektifan game diukur melalui uji perbedaan rerata antara kelas eksperimen yang menggunakan game dengan kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar konvensional.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat validitas dari game edukasi 3D memenuhi kriteria kevalidan dengan hasil rata-rata 4,58. Dengan rincian hasil validasi ahli materi sebesar 4,76, dan ahli media sebesar 4,39 dimana kedua nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Game edukasi 3D yang dikembangkan masuk dalam kriteria valid. 2) Tingkat kepraktisan dari game edukasi 3D memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil rata-rata angket respon guru 4,87 yang dikategorikan sangat baik dan angket siswa 4,06 dengan kategori baik. 3) Tingkat keefektifan dari game edukasi 3D memenuhi kriteria keefektifan. Rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 8,036 dan nilai rata-rata pemahaman konsep kelas kontrol sebesar 7,64.

Kata Kunci: game edukasi, media pembelajaran, pemahaman konsep

 

×
Penulis Utama : Eka Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851908006
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran “Game Edukasi 3D” Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Logaritma Kelas X di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S851908006
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, M.Si.
2. Dr. Diari Indriati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.