Penulis Utama : Cynthia Lut Fianing Tyas Wibowo
NIM / NIP : B3218013
×

Penerapan protokol kesehatan di industri pariwisata sangat diperlukan di era tatanan baru (new normal) pascapandemi Covid-19. Waduk Gajah Mungkur merupakan destinasi wisata di Kabupaten Wonogiri yang menerapkan protokol kesehatan di era new normal. Namun, penerapan protokol kesehatan ini masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya penerapan protokol kesehatan dalam menghadapi era new normal di Waduk Gajah Mungkur Kab. Wonogiri serta kendala apa saja yang dihadapi dan menguraikan solusinya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diambil dengan melakukan observasi langsung, wawancara dengan Kepala UPTD Pengelola Destinasi Wisata Kab. Wonogiri dan staff yang bersangkutan, serta wisatawan yang berkunjung. Studi Pustaka juga dilakukan untuk mendapatkan referensi di perpustakaan serta studi dokumen yang berkaitan dengan topik penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan protokol kesehatan di kawasan pariwisata Waduk Gajah Mungkur dimulai dengan mengecek suhu wisatawan di area pintu masuk. Mengimbau untuk selalu memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak aman selama di area penyelenggaraan wisata. Menyediakan fasilitas cuci tangan, toilet yang dilengkapi wastafel dan tempat sampah. Pengelola juga menyediakan Tim Satgas penanganan Covid-19 di kantor pusat informasi. Upaya penerapan protokol kesehatan yang bisa dilakukan adalah mekanisme pembelian tiket online, pembuatan alur kunjungan wisatawan dan pembuatan poster protokol kesehatan. Kendala yang dihadapi yaitu penyediaan fasilitas cuci tangan masih belum mencukupi seluruh area, pelaku usaha dan di Waduk Gajah Mungkur kurang mematuhi protokol kesehatan dan petugas destinasi wisata tidak mematuhi SOP yang ada. Solusinya adalah pengelola menambah fasilitas cuci tangan di berbagai titik agar mudah terjangkau wisatawan, memberikan edukasi pentingnya penerapan protokol kesehatan serta memberlakukan sistem sanksi apabila ada yang melanggar, memasang lebih banyak poster di berbagai titik atau membuat brosur tata cara berwisata era new normal dan membuat mekanisme sanksi bagi petugas yang melanggar.
Kesimpulannya yaitu penerapan protokol kesehatan di Waduk Gajah Mungkur perlu dilakukan pengoptimalan agar menciptakan keamanan dan kenyamanan berwisata di era new normal. Waduk Gajah Mungkur diharapkan menambah pemasangan poster, penyediaan fasilitas cuci tangan dan sosialisasi terkait pentingnya protokol kesehatan, serta menerapkan sistem sanksi bagi pelanggar.

Kata Kunci: Upaya,Penerapan, Protokol Kesehatan,CHSE, Waduk Gajah Mungkur

 

×
Penulis Utama : Cynthia Lut Fianing Tyas Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218013
Tahun : 2021
Judul : Upaya Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Menghadapi Era New Normal di Kawasan Pariwisata Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-B3218013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par.,M.Sc.
2. Sunyoto, S.E., M.T. Par.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.