Penulis Utama : Anas Febrian Rifa'i
NIM / NIP : K1218005
×

Anas Febrian Rifa’i.K1218005: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SELAMAT TINGGAL KARYA TERE LIYE SERTA PEMANFAATNYA BAGI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA  DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang sosial pengarang penciptaan novel Selamat Tinggal karya Tere Liye,(2) Mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang sosial  yang terdapat dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan  nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye, serta (4) Mendeskripsikan dan menjelaskan pemanfaatan novel Selamat Tinggal bagi pembelajaran  di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini meliputi dokumen (novel Selamat Tinggal) dan Informan ( Guru Bahasa Indonesia kelas XII). Teknik pengambilan sample dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara secara mendalam. Teknik uji validitas yang digunakan ialah triangulasi teori dan sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis data mengalir. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, memaarkan latar belakang sosial pengarang dan ditemukan keseuaian antara latar belakang sosial pengarang dengan karya yang diciptakan yang meliputi status sosial pengarang, ideologi sosial pengarang, latar belakang sosial budaya pengarang, posisi sosial pengarang dalam masyarakat, masyarakat pembaca yang dituju, mata pencaharian sastrawan dan profesionalisme dalam kepengarangan. Kedua, Latar belakang sosial pada novel Selamat Tinggal memaparkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang meliputi kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda, masalah kependudukan, dan birokrasi. Ketiga, ditemukan tujuh belas nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Selamat Tinggal. Keempat, pemanfaatan novel selamat tinggal sebagai materi ajar bagi pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMA.

 

×
Penulis Utama : Anas Febrian Rifa'i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218005
Tahun : 2023
Judul : KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SELAMAT TINGGAL KARYA TERE LIYE SERTA PEMANFAATANNYA BAGI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sosiologi sastra, Nilai Pendidikan Karakter, Novel Selamat Tinggal, Materi ajar, Pembelajaran Apresiasi Sastra.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Dr. Kundharu Saddhono, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Nugraheni Eko Wardhani, S.S,M.Hum
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.