Penulis Utama : Mahardhika Bekti Prasetya
NIM / NIP : S112008008
×

Mahardhika Bekti Prasetya, S112008008. Analisis Genre dan Register pada Teks Hukum: Surat Edaran (Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional). Tesis. Pembimbing I: Prof. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D., Pembimbing II: Prof. Dr. Tri Wiratno, MA. Program Studi S2 Ilmu Linguistik Deskriptif, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan genre teks surat edaran sebagai teks hukum dalam mencapai tujuan sosialnya, dan realisasi leksikogramatika makna metafungsi pada teks surat edaran sebagai teks hukum. Genre pada teks surat edaran dikaji secara makro dan mikro. Genre teks surat edaran ditinjau secara makro melalui Generic Structure Potential (GSP) dan ditinjau secara mikro melalui genre mikro menurut teori genre mikro milik Martin dan Rose (2008). Register pada teks surat edaran ditinjau dengan melihat realisasi medan, pelibat, moda melalui realisasi leksikogramatika: mood, struktur tematik, transitivitas dan klausa kompleks.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini juga merupakan penelitian studi kasus mengenai genre dan register pada teks surat edaran. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumen berupa teks lima surat edaran yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dalam penelitian ini yaitu kata, frasa dan klausa sebagai perwujudan genre dan register yang dipilih menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis dokumen/analisis isi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisi Spradley, yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks surat edaran secara makro dibentuk oleh struktur generik potensial berupa elemen wajib dan elemen opsional, melalui (Lambang Negara)^ (Logo Kementerian)^ Kop Surat^ Nomor dan Judul Surat^ Penerima^ Dasar Hukum^ (Latar Belakang)^ Isi^ Penutup^ Penetapan^ Tanda Tangan dan Cap Dinas^. Adapun genre mikro pembentuk struktur makro teks surat edaran yaitu genre laporan deskriptif, genre laporan kompsisional, genre prosedur protokol, dan genre eksplanasi sekuensial. Realisasi register teks surat edaran dilihat melalui perwujudan medan, pelibat dan moda. Medan pada penelitian ini adalah naskah dinas pada sebuah instansi pemerintah yaitu, Kemenristek/BRIN, berisi arahan, perintah atau petunjuk untuk memberitahu mengenai hal-hal yang mendesak. Pelibat pada penelitian ini adalah hubungan satu arah antar partisipan yang bersifat hirarkis, dengan jarak sosial yang maksimal. Moda pada penelitian ini adalah peran bahasa konstitutive, kanal bahasa fonetis, dan medium tertulis.

×
Penulis Utama : Mahardhika Bekti Prasetya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S112008008
Tahun : 2022
Judul : Analisis Genre Dan Register Pada Teks Hukum: Surat Edaran (Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-2 Linguistik (Deskriptif)
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Genre, Register, Teks Hukum, Surat Edaran
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riyadi Santosa
2. Tri Wiratno
Penguji : 1. FX Sawardi
2. Agus Hari Wibowo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.