Penulis Utama : Farida Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022108017
Tahun : 2023
Judul : Meta-Analisis Pengaruh Vaksinasi Terhadap Infeksi Covid-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Farida Nurhayati. S022108017. 2022. Tesis. Meta-analisis Pengaruh Vaksinasi Terhadap Infeksi COVID-19. Pembimbing I: Setyo Sri Rahardjo. Pembimbing IIBhisma Murti. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Latar Belakang: Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa COVID-19 sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat dan sebagai bencana nasional non alam yang membutuhkan penanggulangan multi strategi.  Strategi-strategi seperti penerapan protokol kesehatan dan upaya vaksinasi untuk memutus penyebaran mata rantai penularan COVID-19 harus terus dilakukan secara massif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh vaksinasi terhadap infeksi COVID-19.

Subjek dan metode: Penelitian ini merupakan systematic review dan meta-analisis, dengan PICO sebagai berikut Population= penduduk usia ?18 tahun. Intervention= Vaksinasi. Comparison= Tidak vaksinasi. Outcome= Infeksi COVID-19. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa database antara lain PubMed, Google Scholar, dan Scopus. Artikel-artikel ini dikumpulkan selama 2 bulan. Kata kunci untuk mencari artikel adalah sebagai berikut: “Vaccine OR Vacinnation AND (Infection OR Transmission) AND COVID-19 OR SARS-CoV-2?. Artikel termasuk dalam penelitian ini adalah artikel full-text dengan desain studi kohor retrospektif atau prospektif. Artikel dikumpulkan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.

Hasil: Sebanyak 10 artikel ditinjau dalam penelitian meta-analisis ini yang berasal dari negara Inggris, Spanyol, Perancis menunjukkan bahwa vaksinasi COVID-19 efektif di dalam menurunkan risiko infeksi COVID-19. Orang yang diberi vaksin COVID-19 memiliki risiko untuk terinfeksi 0.22 kali dibandingkan tidak divaksinasi, dan penurunan risiko tersebut secara statistik signifikan (aHR= 0.22; CI 95%= 0.13 hingga 0.36; p <0>

Kesimpulan: Vaksinasi COVID-19 efektif di dalam menurunkan risiko infeksi COVID-19.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana