Penulis Utama : Azizah Ari Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1517013
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kinerja Sinyal Lalu Lintas Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 di Simpang Jalan Adi Sucipto dan Jalan K.S. Tubun Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1517013
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui jumlah kendaraan pada simpang Jalan Adi Sucipto dan Jalan K.S. Tubun Surakarta, (2) mengetahui kapasitas arus lalu lintas pada simpang Jalan Adi Sucipto dan Jalan K.S Tubun Surakarta, (3) mengetahui derajat kejenuhan pada simpang Jalan Adi Sucipto dan Jalan K.S. Tubun Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode survai. Data diperoleh dari observasi langsung di lapangan. Analisis data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil analisis data digunakan untuk menentukan solusi mengatasi antrian kendaraan di Jalan Adi Sucipto, Surakarta.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jumlah kendaraan pada Jalan K.S Tubun pendekat Utara sebanyak 632-1480 kendaraan per jam, untuk pendekat Selatan sebanyak 348-416 kendaraan per jam, (2) dari hasil perhitungan simpang Jalan Adi Sucipto dan Jalan K.S Tubun dihasilkan angka kapasitas jalan sebesar 3724,358-4103,689 smp/jam, (3) derajat kejenuhan awal pada jam puncak sebesar 0,941 dan derajat kejenuhan jika pada Jalan K.S Tubun di sisi Utara dilakukan perubahan menjadi satu arah (hanya arus keluar) didapatkan hasil sebesar 0,451.

Kata Kunci: Simpang Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T.,M.T.
2. Dr Sukatiman S.T.,M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP