Penulis Utama : Muhammad Dary Aqil A
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016152
Tahun : 2022
Judul : PENGARUH PERSEPSI DIRI TENTANG KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN REFLEKSI TERHADAP PROFESIONALISME DOKTER PADA MAHASISWA KEDOKTERAN TAHAP PROFESI DOKTER
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

                                                                                                                      ABSTRAK
Muhammad Dary Aqil Al-Islami, G0016152, 2022. Pengaruh Persepsi Diri Tentang Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Refleksi Terhadap Profesionalisme Dokter Pada Mahasiswa Kedokteran Tahap Profesi Dokter. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 


Pendahuluan: Dokter adalah tenaga profesional yang bekerja secara aktif dalam bidang kesehatan. Profesionalisme menjadi keterampilan yang harus dikuasai dan dimiliki dokter. Dokter yang profesional harus memiliki perilaku tindakan menurut etika kedokteran, menghormati privasi pasien, mempunyai empati, tidak diskriminasi, saling menghargai & menunjukkan kepercayaan antar dokter dengan pasiennya. Perilaku profesionalisme harus dimiliki oleh mahasiswa kedokteran tahap profesi dokter, dalam memberikan pelayanan dan menjalankan perannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi diri tentang kemampuan komunikasi dan kemampuan refleksi terhadap profesionalisme dokter pada mahasiswa kedokteran tahap profesi dokter.


Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Consecutive sampling. Besar sampel dalam penelitian ini sebesar 138 sampel, yaitu mahasiswa profesi dokter FK UNS yang akan memasuki stase integrasi. Cara pengumpulan data menggunakan “kuesioner profesionalisme dokter” yang disusun oleh peneliti yang terdiri dari 66 pertanyaan.


Hasil: Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi yang baik akan mempengaruhi profesionalisme dokter pada mahasiswa kedokteran tahap profesi dokter sebesar 0,430 (p <0 p=0,024).>


Simpulan: Persepsi diri kemampuan komunikasi dan kemampuan refleksi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme dokter pada mahasiswa kedokteran tahap profesi dokter. Serta Persepsi diri kemampuan komunikasi dan kemampuan refleksi secara. simultan memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap profesionalisme dokter sebesar 72,3 %.

Kata Kunci: Profesionalisme, Komunikasi, Refleksi, Dokter

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN .pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd
2. Dian Nugroho, dr., M.Med.Ed
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran