Penulis Utama : Riska Tiyasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1517069
Tahun : 2021
Judul : Analisis Pengaruh Beban Kendaraan Berlebih (Overload) dan Volume Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Lentur Overpass Manahan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1517069
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) beban kendaraan yang berlebih terhadap nilai penurunan umur rencana perkerasan lentur; (2) volume kendaraan pada perkerasan terhadap nilai penurunan umur rencana perkerasan lentur; (3) beban berlebih kendaraan dan kenaikan volume kendaraan terhadap umur rencana yang telah ditentukan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jalan yang masuk dalam golongan kelas III di Kota Surakarta. Sampel yang terpilih adalah Overpass Manahan dengan menggunakan teknik purpose sampling dalam pengambilan sampelnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan survey ke lapangan, volume kendaraan dihitung dari rekaman CCTV yang berada di lokasi, untuk ketentuan berat kendaraan didapat dari Bina Marga (1997), kemudian perhitungan persentase nilai VDF dan penurunan umur rencana menggunakan metode AASTHO (1993).
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Pengaruh beban kendaraan berlebih terhadap penurunan umur rencana Overpass Manahan sebelah barat, selatan, timur adalah sebesar 0,053 tahun, 0,039 tahun, 0 tahun; (2) Pengaruh volume kendaraan terhadap penurunan umur rencana Overpass Manahan sebelah barat, selatan, timur adalah sebesar 0,0686 tahun, 0,0686 tahun, 0,0686 tahun; (3) Pengaruh beban kendaraan berlebih dan volume kendaraan terhadap penurunan umur rencana Overpass Manahan sebelah barat, selatan, timur adalah sebesar 0,1209 tahun, 0,1065 tahun, 0,0686 tahun.

Kata Kunci : volume kendaraan, berat kendaraan berlebih, dan penurunan umur rencana jalan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T.,M.T.
2. Dr Sukatiman S.T.,M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP