Penulis Utama : Egies Pristia Monica Sari
NIM / NIP : K3317026
×

ABSTRAK

Egies Pristia Monica Sari. K3317026. “IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE DILENGKAPI CRI-CBT PADA SISWA KELAS XII SMAN KOTA BLITAR”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat pemahaman konsep asam basa, (2) untuk mengetahui besar perbandingan persentase tingkat pemahaman konsep asam basa, dan (3) mengetahui letak tidak tahu konsep serta miskonsepsi tertinggi pada siswa kelas XII MIPA di SMAN Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik two-tier multiple choice dilengkapi Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi berbasis komputer. Subjek penelitian uji skala terbatas untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen terdiri dari 105 siswa serta untuk uji skala besar terdiri dari 195 siswa.  Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, serangkaian kegiatan tes, respon angket siswa, wawancara siswa, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil (1) tingkat pemahaman konsep siswa pada subkonsep teori asam basa sebesar 51,66% (kurang), subkonsep indikator asam dan basa sebesar 86,43% (baik sekali), subkonsep kekuatan asam sebesar 43,38% (gagal), subkonsep tetapan ionisasi asam dan basa sebesar 52,26% (kurang), dan subkonsep perhitungan pH sebesar 41,91% (gagal), (2) persentase perbandingan tingkat pemahaman konsep siswa SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Blitar pada subkonsep teori asam basa secara berturut adalah 58,47%; 50,00%; dan 77,49%. Subkonsep indikator asam dan basa sebesar 78,23%; 62,50%; dan 71,60%. Subkonsep kekuatan asam berturut-turut 38,62%; 29,49%; dan 54,90%. Untuk subkonsep tetapan ionisasi asam dan basa sebesar 72,58%; 25,00%;dan 54,12%. Sementara subkonsep perhitungan pH secara berturut 30,79%; 16,15%; dan 46,12%, (3) siswa mengalami tidak tahu konsep tertinggi pada butir soal nomor 13 submateri perhitungan pH (23,27%) sementara siswa mengalami miskonsepsi tertinggi terletak pada butir soal nomor 8 dan 9 submateri kekuatan asam (27,64%). 

×
Penulis Utama : Egies Pristia Monica Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3317026
Tahun : 2022
Judul : Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Larutan Asam Basa Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Dilengkapi CRI-CBT pada Siswa Kelas XII SMAN Kota Blitar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : pemahaman konsep, two-tier multiple choice, konsep asam basa, skala keyakinan (CRI), berbasis komputer (CBT)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Retno Dwi Ariani, S.Si., M.Si.
2. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Endang Susilowati, M.Si.
2. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.