Penulis Utama : Irhas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811908008
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Game Puzzle Wayang Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakter Peserta Didik SD Singosaren Bantul
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Irhas. 2022. Pengembangan Game Puzzle Wayang Berbasi Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakter Peserta Didik SD Singosaren Bantul. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Asrowi, M.Pd. Kopembimbiung: Dr. Djono, M.Pd. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.n berupaya untuk memperkuat karakter bangsa melalui Program Penguatan Karakter (PPK) di sekolah. Sayangnya, fenomena yang menunjukkan merosotnya karakter peserta didik semakin marak terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan belajar untuk meningkatkan pemahaman karakter, (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan, (3) mengetahui tingkat keefektifan multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman karakter peserta didik.     

Jenis penelitian ini Research and Development (RnD) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang dibagi kedalam tiga tahap, yaitu: (1) tahap pendahuluan berisi prosedur analysis, (2) tahap pengembangan berisi prosedur design, development, implementation, (3) tahap pengujian berisi prosedur evaluation. Penelitian ini melibatkan 2 validator ahli, 2 guru kelas, 4 siswa dalam uji kecil, 20 siswa pada uji skala besar, dan 50 siswa dalam uji efektivitas pada siswa kelas III dan IV SD Singosaren Bantul.

Penelitian ini menunjukkan 3 simpulan yakni: (1) guru dan siswa di SD Singosaren membutuhkan inovasi media pembelajaran dalam format game puzzle wayang berbasis multimedia interaktif, hal ini didukung dari hasil wawancara dengan guru dan distribusi angket kepada siswa; (2) produk dinyatakan layak digunakan. uji kelayakan produk menggunakan learning object review instrument (LORI) V 2.0, diperoleh skor sebesar 3,86 dari ahli materi dan 3,55 dari ahli media dengan skala penilain 1-4; (3) produk terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman karakter peserta didik, berdasarkan hasil uji n-gain dalam program SPSS 22 dengan perolehan skor rata-rata 68.8920 atau 69 ?ri postest kelompok eksperimen yang termasuk dalam kategori cukup efektif.

 

Kata kunci: Karakter, Wayang, Game Puzzle, Multimedia Interaktif. 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB V.pdf
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
COVER.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd
2. Dr. Djono, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP