Penulis Utama : Rivi Ayu Wirastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315041
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Perbedaan Self Efficacy Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Rivi Ayu Wirastuti. K1315041. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PERBEDAAN SELF EFFICACY SISWA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2022.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan tingkat self efficacy magnitude dalam mengerjakan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar, (2) mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan tingkat self efficacy strength dalam mengerjakan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar, (3) mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan tingkat self efficacy generality dalam mengerjakan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas IX F SMP Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2021/2022. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling yang didasarkan pada self efficacy siswa, yaitu magnitude, strength dan generality serta snowball sampling yang didasarkan pada jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, tes uraian tertulis, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber data, yaitu data dari tes tertulis dan hasil wawancara. Setelah data terpenuhi, data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa : (1) Subjek dengan self efficacy magnitude mengalami kesalahan membaca, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan membaca dan keterampilan proses disebabkan karena subjek kurang teliti dalam membaca dan mengerjakan proses penghitungan, tidak paham cara mengubah satuan, tidak dapat mengaplikasikan rumus dengan benar. Kesalahan penulisan jawaban disebabkan karena salah dalam proses sebelumnya sehingga tidak dapat menemukan jawaban dan simpulan yang tepat, (2) Subjek dengan self efficacy strength mengalami kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan transformasi disebabkan karena subjek tidak hafal dan tidak menguasai rumus-rumus pada bangun ruang sisi datar. Kesalahan keterampilan proses disebabkan karena siswa tidak menguasai materi bangun ruang sisi datar sehingga tidak dapat mengaplikasikan rumus dengan benar dan tidak melanjutkan langkah pngerjaan hingga selesai. Kesalahan penulisan jawaban disebabkan karena siswa melakukan langkah solusi yang tidak tepat sehingga tidak menemukan jawaban dan simpulan yang benar. (3) Subjek dengan self efficacy strength mengalami kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan memahami disebabkan karena subjek tidak dapat menangkap maksud dari soal dan tidak terbiasa mengidentifikasikan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Kesalahan transformasi disebabkan karena subjek tidak menguasai materi bangun ruang sisi datar sehingga tidak dapat menentukan dan menuliskan rumus yang akan digunakan dengan benar. Kesalahan keterampilan proses disebabkan karena siswa tidak dapat menerapkan rumus dengan tepat, bingung dalam menentukan langkah penyelesaian soal, tidak paham konsep bilangan berpangkat dan tidak paham konsep operasi hitung aljabar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB I SKRIPSI.pdf
BAB II SKRIPSI.pdf
BAB III SKRIPSI.pdf
BAB IV SKRIPSI.pdf
BAB V SKRIPSI.pdf
DAFTAR PUSTAKA R.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M. Si
2. Dr. Farida Nurhasanah, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP